Jaksa atau Auditor Utama BPK yang Bakal Gantikan Lili di KPK?

ADVERTISEMENT

Jaksa atau Auditor Utama BPK yang Bakal Gantikan Lili di KPK?

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 11:45 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ada dua nama yang santer diisukan bakal menjadi Wakil Ketua KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar. Dua nama itu disebut yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR.

Dua orang yang diusulkan Jokowi adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Jokowi diketahui mengusulkan dua nama ini untuk menggantikan Lili Pintauli ke DPR.

Lili Pintauli Siregar diketahui mundur dari kursi komisioner KPK di tengah pusaran kontroversi dugaan pelanggaran etik. Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak H Panggabean menyatakan penggantian Lili ada di tangan Presiden Jokowi. Aturannya tertera pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Perihal dua nama ini dikonfirmasi oleh anggota Komisi III DPR Arsul Sani.

"Yang saya dengar kan namanya Pak Johanis Tanak kalau nggak salah, sama Pak Nyoman Wara kalau nggak salah ya, yang dari BPK ya," kata Arsul Sani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9).

Arsul menyebutkan Jokowi hanya mengirimkan dua nama calon pimpinan KPK pengganti Lili ke DPR. Tugas Komisi III DPR, yang bermitra dengan KPK, akan memilih satu dari dua nama tersebut.

"Kan nama dari Presiden ada dua, yang dibutuhkan satu, berarti kami harus pilih. Kecuali namanya yang dibutuhkan satu, yang dikirimkan satu, kan berarti kami harus kemudian menyetujui atau tidak setuju," ujar Arsul.

"Tetapi untuk KPK ini mekanismenya bukan persetujuan, memang pemilihan, kan. Berbeda dengan hakim agung, berbeda dengan Kapolri, itu kan persetujuan semua," imbuhnya.

Simak Video 'Jokowi Usulkan 2 Nama Calon Pimpinan KPK Pengganti Lili Pintauli':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT