ADVERTISEMENT

Panglima TNI Rapat Didampingi KSAL, KSAD Kunker ke Belanda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 11:45 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (kiri) dan Kepala Staf Angkatan Darat Belanda Letnan Jenderal (Letjen) Martin Wijnen
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (kiri) dan Kepala Staf Angkatan Darat Belanda Letnan Jenderal Martin Wijnen (ANTARA/HO-Dispenad)
Jakarta -

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman tak ikut mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat rapat bersama Menhan Prabowo Subianto dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dudung diketahui sedang berada di Belanda dalam rangka kunjungan kerja.

Dikutip dari Antara, Rabu (21/9/2022), Dudung bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat Belanda Letnan Jenderal (Letjen) Martin Wijnen untuk membahas upaya penguatan kerja sama antara TNI Angkatan Darat (AD) dan AD Belanda. Pembahasan tersebut dilakukan dalam kunjungan kehormatan Jenderal Dudung kepada Letjen Martin di The Royal Netherlands Army Headquarters, Utrecht, Belanda, Senin (19/9).

Saat berbincang dengan Martin, Dudung memandang penguatan kerja sama antara TNI AD dan AD Belanda dapat dilakukan melalui sejumlah interaksi yang melibatkan kedua belah pihak, seperti pendidikan dan latihan bersama. Di samping itu, dia menilai kunjungan kehormatan dapat pula menjadi sarana penguat kerja sama antara kedua belah pihak.

Dudung lalu mengundang Martin untuk berkunjung ke Markas Besar TNI AD di Jakarta. Dudung mengundang Martin untuk menjadi pemantau dalam latihan bersama TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Belanda yang akan digelar pada masa mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Martin menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan kehormatan yang dilakukan Dudung. Selain itu, dia menyampaikan apresiasi atas penerimaan yang baik dari TNI AD kepada Netherlands Army Logistics saat mengunjungi Pusat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat (Pusbekangad) dan Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) di Jakarta pada dua pekan yang lalu.

Panglima TNI Didampingi KSAL

Sebelumnya diberitakan, Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan BPK. Prabowo didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Dalam kesempatan itu, Prabowo meminta masukan kepada BPK terkait kinerja pemerintah dan TNI di bidang pertahanan yang dapat dilihat dari berbagai aspek. Prabowo berharap masukan itu dapat meningkatkan kinerja di sektor pertahanan.

"Saya berharap Kemhan dan TNI akan mendapat masukan-masukan yang berharga dan solusi terkait peningkatan kinerja industri pertahanan, peningkatan dalam pemeliharaan dan perawatan pesawat terbang serta industri amunisi," ujar Prabowo saat membuka Entry Meeting/Taklimat Awal Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) BPK RI di lingkungan Kementerian Pertahanan seperti dikutip dari keterangan tertulis di situs Kemhan, Rabu (21/9/2022).

Prabowo juga meminta masukan BPK terkait pemanfaatan aset barang milik negara (BMN) di samping memberi nilai tambah terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Kepada tim pemeriksa BPK RI, kami ucapkan selamat bertugas. Saya berharap agar selalu memberi arahan, asistensi, dan bimbingannya sehingga ke depan Kemhan dan TNI akan semakin baik," ungkap Menhan Prabowo.

Entry Meeting pemeriksaan BPK RI ini juga turut dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, irjen dari ketiga angkatan, serta jajaran Kemhan dan BPK.

Simak juga 'Akhir Nyanyian TNI 'Gerombolan', Effendi-KSAD Maaf-Memaafkan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT