10 Hektare Lahan dan Hutan di Semeru Terbakar, 1 ODGJ Diamankan

ADVERTISEMENT

10 Hektare Lahan dan Hutan di Semeru Terbakar, 1 ODGJ Diamankan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 20:28 WIB
10 hektare lahan tnbts terbakar
10 hektare lahan TNBTS terbakar. (Nurhadi Wicaksono/detikcom)
Jakarta -

Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran lahan yang terjadi di Desa Argosari, Senduro, Lumajang. Angin kencang membuat kebakaran meluas hingga 10 hektare.

Dilansir detikJatim, kebakaran hutan dan lahan terjadi sejak Minggu (18/9). Lokasi titik kebakaran terjadi di lereng pegunungan dan jauh dari permukiman warga sehingga tidak berdampak secara langsung kepada warga sekitar.

"Terjadi kebakaran di Desa Argosari dengan luas sekitar 10 hektare. Lokasi yang terbakar tersebut merupakan vegetasi rumput," ujar Plt Kepala Bidang Wilayah II TNBTS Wisnu Untoro kepada detikJatim, Selasa (20/9/2022).

Petugas disebut sempat mengalami kesulitan memadamkan api lantaran medan yang curam dan jauh dari sumber mata air. Api berhasil dipadamkan pada Selasa siang.

"Petugas gabungan sempat kesulitan untuk memadamkan api karena lokasi yang sulit dan jauh dari sumber api namun hari ini api sudah bisa dipadamkan " ujar Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Sementara itu, pihak kepolisian juga mengamankan satu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang diduga kuat sebagai pemicu terjadinya kebakaran ini. ODGJ diduga membakar kayu di lereng gunung untuk menghangatkan badan. Polisi membawa ODGJ tersebut ke Polsek Senduro dan akan diserahkan ke Dinas Sosial Lumajang.

Simak berita selengkapnya di sini.

(dwia/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT