ADVERTISEMENT

Cak Imin Kenang Azyumardi Azra Tokoh Moderat dan Inklusif

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 15:22 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Dok. PKB)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya intelektual muslim Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Cak Imin mengenang Azyumardi Azra tokoh moderat dan inklusif.

"Atas nama pribadi dan seluruh keluarga besar PKB saya mengucapkan bela sungkawa mendalam atas meninggalnya Prof Azyumardi Azra, kita doakan seluruh amal ibadah Pak Azyumardi diterima di sisi Allah," kata Cak Imin dalam keterangannya Selasa, (20/9/2022).

Cak Imin menilai Azyumardi Azra merupakan tokoh intelektual Islam yang terkemuka. Menurutnya, Azyumardi Azra selalu membawa pemikiran yang moderat dan inklusif.

"Beliau bukan saja akademisi, tapi lebih dari itu adalah tokoh moderat dan inklusif. Indonesia sejuk dan damai salah satunya karena pikiran-pikiran moderat beliau," ungkapnya.

Ia pun merasa kehilangan lantaran khazanah intelektual yang telah dibangun Azyumardi sangat bermakna bagi kemajuan Indonesia, khususnya di dalam bidang ilmu sosial dan kebudayaan, serta keilmuan keislaman.

"Gagasan Pak Azyumardi tentu sangat bermakna untuk kita semua. Beliau konsisten dengan kebhinekaan, moderasi beragama, dan begitu menghargai budaya Indonesia," ungkap Gus Muhaimin.

Azyumardi Azra meninggal di Malaysia, Minggu, 18 September 2022 yang lalu. Ia adalah ahli sejarah dan sosial Islam sekaligus orang Asia Tenggara pertama yang diangkat sebagai profesor fellow di Universitas Melbourne, Australia (2004-2009).

Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sejumlah tokoh, keluarga dan kerabat yang hadir di pemakaman mendiang Ketua Dewan Pers itu memberi penghormatan terakhir sebelum pemakaman.

Simak juga video 'Eks Menag Lukman Hakim: Dunia Kehilangan Azyumardi Azra':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT