Sosok Azyumardi Azra di Mata AHY: Cendekiawan Muslim yang Melegenda

ADVERTISEMENT

Sosok Azyumardi Azra di Mata AHY: Cendekiawan Muslim yang Melegenda

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 13:22 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengenang sosok Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. AHY menilai almarhum Azyumardi sebagai tokoh cendekiawan muslim yang melegenda.

"Tokoh cendekiawan muslim Indonesia yang begitu melegenda almarhum Pak Azyumardi Azra tentunya telah meninggalkan banyak sekali legacy terutama pemikiran ide-ide besar yang selalu menyejukkan," papar Agus di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).


Agus menyebut semestinya pekan ini ada agenda bertemu dengan Azyumardi. Demokrat dikatakan bakal audiensi ke Dewan Pers.

"Sebenarnya ini saya juga sangat-sangat sedih karena sebetulnya sudah diagendakan melakukan audiensi dengan Dewan Pers Nasional termasuk dengan almarhum. Oleh karena itu, saya kaget sekali mendengar beliau berpulang di Malaysia," ungkap Agus.

"Tadinya kami merencanakan bertemu minggu ini, saya mengatakan Partai Demokrat masih ada kegiatan kemarin dan minggu ini kami mengagendakan bertemu dengan Dewan Pers," sebut dia.

Untuk diketahui, Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia, Minggu siang waktu setempat. Azyumardi berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Kepergian Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah kalangan. Azyumardi dikenang sebagai sosok cendekiawan muslim yang sederhana dan kaliber dunia.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT