DPR Sahkan 5 Anggota Dewan Pengawas BPKH Periode 2022-2027

ADVERTISEMENT

DPR Sahkan 5 Anggota Dewan Pengawas BPKH Periode 2022-2027

Nahda Utami - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 11:09 WIB
Paripurna DPR
Paripurna DPR (Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

DPR mengesahkan 5 orang sebagai anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) periode 2022-2027. Mereka terpilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan di Komisi VIII DPR.

Pengesahan itu dilakukan dalam rapat paripurna di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus.

Pengesahan diawali dengan pembacaan hasil uji kelayakan yang disampaikan Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi PAN Ashabul Kahfi. Dia menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan 10 kandidat calon anggota Dewan Pengawas BPKH.

Ashabul Kahfi menuturkan Komisi VIII telah memilih dan menetapkan 5 orang anggota Dewan Pengawas BPKH dari unsur masyarakat. Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon anggota Dewan Pengawas BPKH telah dilakukan pada Selasa (30/8) lalu.

"Calon yang diajukan presiden sejumlah 10 orang. Komisi VIII DPR RI melalui musyawarah untuk mufakat telah memilih dan menetapkan 5 orang anggota Dewan Pengawas BPKH dari unsur masyarakat pada tanggal 30 Agustus 2022. Mereka adalah Deni Suardini, Heru Muara Sidik, M Dawud Arif Khan, Mulyadi dan Rojikin," jelas Ashabul Kahfi.

"Kami berharap 5 orang yang terpilih ini dapat disetujui oleh rapat paripurna dan selanjutnya diproses oleh Pimpinan DPR RI untuk disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia," sambungnya.

Lodewijk yang memimpin rapat paripurna lalu menanyakan kepada anggota dewan terkait hasil uji kelayakan calon anggota Dewan Pengawas BPKH. Para anggota dewan pun menjawab setuju.

"Sidang dewan yang kami hormati sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi VIII DPR RI atas hasil uji kelayakan calon anggota Dewan Pengawas BPKH dari unsur masyarakat periode 2022-2027 tersebut dapat disetujui?" tanya Lodewijk.

"Setuju," jawab anggota Dewan.

Berikut 5 anggota Dewan Pengawas BPKH periode 2022-2027:

1. Deni Suardini
2. Heru Muara Sidik
3. M Dawud Arif Khan
4. Mulyadi
5. Rojikin

Simak juga 'Anggota Dewan Pengawas BPKH: Mengatasi Biaya Haji yang Semakin Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT