Anggota TNI Todong Pistol di Tol Jagorawi: Penyebab Hingga Identitas Pelaku

ADVERTISEMENT

Anggota TNI Todong Pistol di Tol Jagorawi: Penyebab Hingga Identitas Pelaku

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 11:04 WIB
Anggota TNI todong pistol di tol kepada pengendara mobil lainnya. Peristiwa tersebut terjadi di ruas Jalan Tol Jagorawi, Minggu (18/9/2022).
Aksi TNI Todong Pistol di Tol Jagorawi (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Anggota TNI todong pistol di tol kepada pengendara mobil lainnya. Peristiwa penodongan senjata tersebut terjadi di ruas Jalan Tol Jagorawi, Minggu (18/9/2022) dan viral di media sosial.

Lantas, siapa pelaku penodongan senjata tersebut? Bagaimana kronologi kejadiannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kronologi TNI Todong Pistol di Tol

Berdasarkan rekaman video yang beredar di media, terlihat sebuah mobil Toyota Fortuner pelat merah dan mobil Toyota Avanza salip-salipan di jalan Tol Jagorawi. Lalu, pengemudi Fortuner tampak berusaha menyalip mobil lain di depannya dari kanan di lajur 4. Namun, pengemudi mobil tersebut tidak memberikan jalan.

Kemudian, sopir mobil pelat dinas tersebut mencoba menyalip dari kiri, tetapi tidak juga diberikan jalan oleh pengemudi mobil tersebut. Tiba-tiba, sopir mobil Fortuner mengeluarkan pistol dan menodongkan ke pengemudi mobil yang hendak disalip tersebut.

Anggota TNI todong pistol di tol kepada pengendara mobil lainnya. Peristiwa tersebut terjadi di ruas Jalan Tol Jagorawi, Minggu (18/9/2022).Anggota TNI todong pistol di tol kepada pengendara mobil lainnya. Peristiwa tersebut terjadi di ruas Jalan Tol Jagorawi, Minggu (18/9/2022). (Foto: Andi Saputra)

Pelaku Penodongan Pistol di Tol Jagorawi: Kapten RS

Sopir mobil pelat merah yang menodongkan pistol ke mobil lain di jalan Tol Jagorawi adalah anggota TNI dengan pangkat kapten. Direktur Pembinaan Penegakan Hukum POM TNI Kolonel Laut (PM) Khoirul Fuad mengatakan mobil pelat merah tersebut adalah mobil dinas milik Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Oh iya itu untuk pelatnya itu pelat Kemhan, namun yang mengemudikan kan dari prajurit TNI ya. Nah untuk kewenangannya kan dari Puspom TNI," kata Khoirul, dikutip detikcom, Selasa (20/9/2022).

Khoirul menyebutkan pelaku diperiksa di Kemenhan. Selanjutnya, yang bersangkutan diserahkan ke Puspom TNI.

"Dari Kemhan, diamankan di Kemhan masih pemeriksaan pendahuluan. Terus nanti akan diserahkan ke Puspom TNI nanti akan koordinasi," ungkap Khoirul.

Kemudian, Khoirul menyebutkan jika sosok anggota TNI tersebut adalah Kapten RS.

"(Inisial) RS, (pangkat) kapten, diduga, ya," jelasnya.

Kejadian Todong Pistol Terekam CCTV

Aksi Kapten RS menodong pistol ke mobil lain terekam kamera CCTV. Pihak Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti, mengatakan pihaknya telah menyerahkan rekaman CCTV terkait kejadian tersebut kepada pihak Puspom TNI.

"Menurut informasi yang kami terima, memang ada permintaan dari Puspom Mabes TNI terkait hal tersebut (meminta rekaman CCTV)," kata Irra.

Ada dua rekaman CCTV yang diserahkan kepada Puspom TNI.

"Sudah (diserahkan) sesuai dengan prosedur yang ada. Sesuai dengan kejadian (ada) 2 rekaman (CCTV)," sambung Irra.

Pihak Kemhan Minta Maaf Soal Aksi Todong Pistol

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak, mengatakan pihak Kemhan sedang mengusut penodongan pistol di ruas Jalan Tol Jagorawi. Kemhan juga meminta maaf atas insiden tersebut.

"Kami atas nama Kemhan tentu memohon maaf kepada masyarakat atas perilaku tidak patut yang bersangkutan, dan Kemhan berterima kasih kepada masyarakat yang telah aktif mengawasi perilaku personel Kemhan," kata Dahnil, dikutip detikcom, Selasa (20/9/2022).

Kapten RS Diperiksa Kemhan, Bakal Dikembalikan ke Mabes TNI

Dahnil Anzar Simanjuntak selaku Juru Bicara (jubir) Menteri Pertahanan Prabowo, menjelaskan bahwa pihak internal Kemhan segera memproses anggota TNI yang todong pistol di tol Jagorawi. Seperti diketahui, pelaku merupakan Kapten TNI yang bertugas di Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Yang bersangkutan segera akan diproses hukum yang berlaku di bagian internal Kemhan," kata Dahnil, dikutip detikcom, Selasa (20/9/2022).

Setelah diproses di Kementerian Pertahanan, Kapten RS akan dikembalikan ke Mabes TNI untuk menjalani proses lebih lanjut.

"Akan segera dikembalikan ke Mabes TNI sebagai atasan langsungnya. Di mana proses hukum selanjutnya tentu ada di Mabes," ungkap Danhil.

Simak Video 'Aksi Todong Pistol di Tol Bikin Kapten RS 'Dilempar' ke Mabes TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT