ADVERTISEMENT

Cerita Azhar Lindungi Keluarga saat Pohon Tumbang Timpa Rumah di Jagakarsa

Brigitta Belia - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 10:27 WIB
Pohon tumbang timpa rumah warga hingga hancur di Jagakarsa, Jaksel, Senin (19/9/2022) sore.
Pohon tumbang timpa rumah warga hingga hancur di Jagakarsa, Jaksel, Senin (19/9/2022) sore. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Rumah warga di Jl Petenggangan RT 003 RW 007, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, rusak parah akibat tertimpa pohon tumbang. Empat orang yang merupakan satu keluarga, terluka akibat kejadian tersebut.

Peristiwa pohon tumbang terjadi pada Senin (19/9) sore saat wilayah Jakarta Selatan diguyur hujan deras disertai angin kencang. Saat itu, Azhar (20) bersama neneknya, Inen Suparti (84), ayah Nurdin (60), Ajay (20), dan keponakannya, Salwah (19), sedang berkumpul di dalam rumah.

Ditemui detikcom di rumahnya, Senin (19/9/2022) malam, Azhar mengatakan pohon tiba-tiba roboh. Kejadian ini terjadi begitu cepat, sehingga Azhar dan keluarganya tidak dapat menyelamatkan diri.

"Tadi itu hujan lumayan deras, anginnya awalnya biasa tapi pas sebelum pohonnya jatuh anginnya kenceng banget. Kejadiannya pun cepet banget, pohon itu langsung rubuh ke atas rumah," kata Azhar.

Azhar saat itu sedang berada di ruang tengah bersama keponakannya, Salwah (19). Sementara keponakannya, Salwah sedang tiduran.

Azhar dan keluarganya mengungsi ke rumah saudara lantaran rumahnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan hancur tertimpa pohon, Senin (19/9/2022) sore.Azhar dan keluarganya mengungsi ke rumah saudara lantaran rumahnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan hancur tertimpa pohon, Senin (19/9/2022) sore. (Brigitta Belia/detikcom)

Tiba-tiba saja, pohon berdiameter 40 sentimeter tumbang dan menghancurkan atap dan dinding rumahnya. Spontan Azhar melindungi Salwah dengan tubuhnya.

"Nah pohonnya itu jatuh, batang gedenya itu jatuh di depan saya. Tapi di depan saya itu ada lemari, jadi pohonnya masih ketahan. Jadi nggak langsung jatoh semua tapi dari temboknya itu rubuh kena punggung saya," ungkapnya.

Azhar menahan puing tembok yang rubuh agar keluarganya bisa keluar dengan selamat. Akibatnya, Azhar mengalami luka-luka.

"Jadi pada saat udah mau rubuh temboknya, badan saya langsung nahan semua biar ponakan dan keluarga bisa keluar dulu," sambungnya.

Kini Azhar dan keluarganya belum bisa kembali ke rumah lantaran rumahnya hancur tertimpa pohon. Azhar mengharapkan pemerintah memberikan bantuan.

"Ya kalau ada pohon yang tinggi-tinggi kalau bisa ditebang. Memang sebelumnya rumah ini dapet bantuan subsidi dari pemerintah, tapi ya sudah lama. Rumahnya juga emang udah rawan rapuh," pungkasnya.

Baca di halaman selanjutnya: pohon tumbang timpa rumah....

Simak Video 'Pohon Tumbang Tutup Sebagian Jalan Margaguna Jaksel, 1 Mobil Tertimpa':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT