Biden Nyatakan Pandemi di AS Berakhir, Jokowi: Kita Tak Usah Tergesa-gesa

ADVERTISEMENT

Biden Nyatakan Pandemi di AS Berakhir, Jokowi: Kita Tak Usah Tergesa-gesa

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 10:22 WIB
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pandemi di AS telah berakhir. Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut yang bisa menyatakan pandemi selesai itu adalah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Mengenai kapan pandemi di Indonesia selesai, Jokowi mengatakan tak perlu tergesa-gesa.

"Ya pandemi ini kan terjadi di seluruh negara di dunia dan yang bisa memberikan statement, menyatakan pandemi itu selesai adalah WHO. Kalau untuk Indonesia saya kira kita harus hati-hati," kata Jokowi saat peresmian jalan Tol Cibitung-Cilincing, yang disiarkan melalui YouTube Setpres, Selasa (20/9/2022).

Jokowi mengatakan tak usah secara tergesa-gesa dalam menyatakan pandemi Corona telah berakhir. Dia mengingatkan agar selalu waspada.

"Tetap harus waspada, tidak usah harus tergesa-gesa, tidak usah harus segera menyatakan bahwa pandemi itu sudah selesai, saya kira hati-hati," katanya.

Jokowi menambahkan bahwa saat ini beberapa negara kembali mengalami kenaikan kasus Corona. Karena itu, Jokowi menekankan bahwa perlu kehati-hatian dalam menyikapi pandemi ini.

"Ada di 1, 2 negara yang sekarang ini juga Covid-nya mulai bangkit naik, hati-hati. Kehati-hatian itu yang sangat kita butuhkan," tutur dia.

Biden Nyatakan Pandemi di AS Berakhir

Presiden Joe Biden menyebut pandemi COVID-19 di Amerika Serikat (AS) telah berakhir. Pernyataan itu disampaikan Biden saat Amerika Serikat masih berjuang menghadapi virus Corona yang menewaskan ratusan warga per harinya.

"Pandemi telah berakhir," cetus Biden dalam wawancara dengan program televisi CBS, 60 Minutes, seperti dilansir Reuters, Senin (19/9).

Wawancara dengan televisi tersebut berlangsung pada Rabu (14/9) pekan lalu. Saat itu Biden menghadiri pameran otomotif di Detroit yang dihadiri ribuan orang, namun baru ditayangkan pada Minggu (18/9) waktu setempat.

"Kita masih memiliki masalah dengan COVID. Kita masih melakukan banyak hal untuk itu. Tapi pandemi sudah berakhir," ucap Biden.

(lir/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT