Bertemu Dubes Spanyol, Prabowo Ingin Kerja Sama Pertahanan Semakin Kuat

ADVERTISEMENT

Bertemu Dubes Spanyol, Prabowo Ingin Kerja Sama Pertahanan Semakin Kuat

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 07:39 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Spanyol Francisco de Asis Aguilera Aranda.
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Spanyol Francisco de Asis Aguilera Aranda. (Foto: Kemhan)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Spanyol Francisco de Asis Aguilera Aranda. Prabowo bicara pentingnya Spanyol bagi Indonesia dalam kerja sama pertahanan.

Pertemuan itu berlangsung di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (19/9). Mengawali pembicaraan, Prabowo berharap kerja sama Spanyol dan Indonesia di bidang pertahanan semakin kuat.

"Saya berharap, hubungan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Spanyol semakin kuat di masa mendatang", kata Prabowo dalam keterangan persnya yang diterima, Selasa (20/9/2022).

Indonesia dengan Spanyol telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1958. Untuk bidang pertahanan sendiri telah dipertegas dengan Nota Kesepahaman antara Kemhan RI dengan Kemhan Kerajaan Spanyol di Jakarta yang diteken pada 13 Februari 2013 dan disahkan pada 2018.

Kerja sama pertahanan juga selama ini telah terjalin di antara kedua negara antara lain dengan kerja sama pendidikan sejak tahun 2012 hingga 2021, di mana sebanyak 19 personel militer Indonesia belajar di Spanyol, juga kerja sama di bidang industri pertahanan yang melingkupi alutsista matra udara dan laut.

Adapun Prabowo menyatakan bahwa keterlibatan kedua negara dalam berbagai forum internasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang khususnya bidang pertahanan.

"Kedua negara harus mampu meningkatkan persamaan dan mengurangi perbedaan" ungkap Prabowo.

Simak juga 'Prabowo Diperintah Jokowi Susun Pertahanan Kawasan Laut Indonesia Timur':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT