Hari Bebas Kendaraan Bermotor 22 September, Begini Sejarahnya

ADVERTISEMENT

Hari Bebas Kendaraan Bermotor 22 September, Begini Sejarahnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 18:35 WIB
Hari Bebas Kendaraan Bermotor 22 September, Begini Sejarahnya
Hari Bebas Kendaraan Bermotor 22 September, Begini Sejarahnya | Foto: Getty Images/iStockphoto/IGphotography
Jakarta -

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau World Car Free Day adalah salah satu hari penting internasional yang diperingati pada bulan September. HBKB diperingati sebagai inisiatif untuk mendorong pengendara berhenti sejenak dari mengemudi dan menggunakan alternatif kendaraan bermotor.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor? Kapan dan bagaimana sejarah diperingatinya Hari Bebas Kendaraan Bermotor itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Hari Bebas Kendaraan Bermotor?

Hari Bebas Kendaraan Bermotor adalah hari yang diperingati sebagai inisiatif dalam rangka mendorong pengendara untuk berhenti sejenak dari mengemudi dan menggunakan alternatif kendaraan bermotor. Tidak hanya untuk pengendara motor saja tetapi juga pengendara mobil.

Manfaat Hari Bebas Kendaraan Bermotor diperingati juga bertujuan untuk lebih ramah lingkungan. Hal ini karena dengan sejenak berhenti menggunakan kendaraan sudah berarti memberikan sedikit kontribusi untuk mengurangi jumlah polusi udara.

Kapan Hari Bebas Kendaraan Bermotor diperingati? Hari Bebas Kendaraan Bermotor diperingati pada tanggal 22 September setiap tahunnya. Untuk tahun ini, Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2022 jatuh pada tanggal 22 September 2022, bertepatan pada hari Kamis.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor 22 September, Begini SejarahnyaIlustrasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor | Foto: Getty Images/iStockphoto/IGphotography

Sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Dilansir National Day Calendar dan National Today, sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor diperingati pada tanggal 22 September bermula ketika banyak orang yang menyadari bahwa kendaraan bermotor memberikan dampak buruk pada lingkungan. Hal itu pun menuai banyak protes.

Protes tersebut sudah ada sejak tahun 1950-an. Beberapa negara pun merespons cepat akan protes tersebut, seperti Belanda dan Belgia dengan mengeluarkan aturan hari Minggu bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di hari Minggu pada tahun 1956 dan 1957.

Pada Oktober 1994, kampanye terstruktur berkaitan dengan Car Free Day pun dikeluarkan dalam pidato utama oleh Eric Britton di International Ciudades Konferensi Accessibles (Accessible Cities). Sebuah makalah tentang mengurangi ketergantungan pada kendaraan juga didistribusikan dalam konferensi yang diadakan di Toledo, Spanyol tersebut.

Kemudian pada akhir 1990-an, beberapa negara di Eropa menyelenggarakan acara yang mendukung Car Free Day di seluruh dunia. Seperti acara Konsorsium Hari Bebas Mobil Dunia yang diselenggarakan di beberapa negara seperti Islandia, Inggris Raya, dan Prancis pada tahun 1995.

Selanjutnya pada tahun 1997, Inggris mulai melakukan kampanye nasional oleh Asosiasi Transportasi Lingkungan, yang diikuti oleh Perancis pada tahun 1998 yang mengangkat tema "In Town, without my car!". Baru pada tahun 2000 Komisi Eropa melakukan kampanye program ini lebih luas untuk menjangkau seluruh Eropa.

Indonesia juga merayakan 22 September sebagai Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia. Jika beberapa negara Eropa sudah mulai lebih dulu pada tahun 1990-an, Indonesia baru mengadakan kegiatan Car Free Day pada tahun 2007.

Pada September 2007, Car Free Day untuk pertama kali diadakan di Jakarta. Dengan menutup jalan utama kota dari mobil dan mengundang pejalan kaki setempat untuk berolahraga dan beraktivitas di jalan-jalan yang biasanya penuh dengan mobil dan lalu lintas.

Hingga kini, tanggal 22 September diperingati sebagai Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Mengapa Hari Bebas Kendaraan Bermotor Harus Ada?

Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pernah mengatakan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dikenal sebagai Car Free Day perlu diselenggarakan karena bertujuan untuk menurunkan ketergantungan masyarakat atas penggunaan kendaraan bermotor.

Ada sejumlah manfaat yang diperoleh dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Mengutip dari laman resmi RRI, berikut ini beberapa manfaat berpartisipasi dalam peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor sebagai berikut.

  • Ketersediaan ruang hijau lebih banyak
  • Momen untuk menyuarakan opini tentang lingkungan hidup
  • Menyediakan infrastruktur untuk transportasi aktif
  • Udara menjadi lebih sejuk, sehat dan bersih
  • Upaya dalam menyelamatkan bumi

Demikian penjelasan tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) serta sejarah dan tema peringatannya pada 22 September 2022 mendatang.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT