Hari Maritim Nasional 2022: Tanggal Peringatan dan Sejarahnya

ADVERTISEMENT

Hari Maritim Nasional 2022: Tanggal Peringatan dan Sejarahnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 14:41 WIB
Hari Maritim Nasional 2022 Setiap 23 September, Ini Sejarahnya
Hari Maritim Nasional 2022 Setiap 23 September, Ini Sejarahnya | Foto: maritim.go.id
Jakarta -

Hari Maritim Nasional 2022 adalah salah satu hari penting nasional yang diperingati pada bulan September 2022. Hari Maritim Nasional 2022 diperingati sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan besarnya potensi maritim di tanah air.

Lantas, apa itu Hari Maritim Nasional 2022? Kapan dan bagaimana sejarah Hari Maritim Nasional 2022 diperingati? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Hari Maritim Nasional 2022?

Hari Maritim Nasional adalah salah satu hari penting nasional yang diperingati pada bulan September setiap tahunnya. Hari Maritim Nasional adalah hari yang diperingati sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan besarnya potensi maritim di tanah air.

Hari Maritim Nasional juga menjadi momentum dalam rangka mengoptimalisasikan sektor maritim dalam mendukung rencana pemerintah untuk menjadikan maritim Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hari Maritim Nasional 2022 Setiap 23 September, Ini SejarahnyaHari Maritim Nasional 2022 Setiap 23 September, Ini Sejarahnya | Foto: maritim.go.id

Hari Maritim Nasional 2022 Tanggal Berapa?

Ada dua versi yang menyatakan tanggal peringatan Hari Maritim Nasional yakni pada tanggal 21 Agustus atau 23 September. Lantas, kapan Hari Maritim Nasional diperingati sebenarnya?

Tanggal peringatan yang benar adalah bahwa Hari Maritim Nasional diperingati pada tanggal 23 September, bukan pada tanggal 21 Agustus. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) melalui Instagram resminya @kemenkomarves, seperti termuat dalam Surat Keputusan No. 249 Tahun 1963 tentang Hari Maritim Nasional.

"Pada tahun 1964 atau setahun setelah Musyawarah Nasional (Munas) Maritim I, Presiden Soekarno menerbitkan Surat Keputusan Nomor 249 tahun 1963 mengenai Hari Maritim. SK tersebut menetapkan tanggal 23 September menjadi Hari Maritim Nasional," dilansir detikcom, Kamis (18/8/2022).

Sejarah Hari Maritim Nasional 2022

Seperti diketahui Hari Maritim Nasional diperingati setiap tanggal 23 September. Untuk tahun ini, Hari Maritim Nasional 2022 jatuh pada Jumat, 23 September 2022. Melansir dari Instagram resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, berikut sejarah Hari Maritim Nasional.

Dalam sejarahnya, peringatan Hari Maritim Nasional berawal dari peresmian Angkatan Laut oleh Presiden Soekarno pada tahun 1953. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam pidato Presiden Soekarno sebagai berikut.

"Usahakanlah agar kita menjadi bangsa pelaut kembali. Ya, bangsa pelaut dalam arti seluas-luasnya. Bukan sekadar menjadi jongos-jongos di kapal. Tetapi bangsa pelaut dalam arti kata cakrawala samudera. Bangsa pelaut yang mempunyai armada niaga, bangsa pelaut yang mempunyai armada militer, bangsa pelaut yang kesibukannya di laut menandingi irama gelombang lautan itu sendiri."

Kemudian, pada tahun 1957, Soekarno mengumumkan Deklarasi Djuanda yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia meliputi laut sekitar, di antara, dan di dalam Kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

Isi Deklarasi Djuanda:

  • Indonesia menyatakan sebagai negara kepulauan yang memiliki corak tersendiri
  • Sejak dahulu kala, kepulauan nusantara sudah satu kesatuan
  • Ketentuan ordonasi 1939 tentang Ordonasi dapat memecah belah kesatuan Indonesia.

Tujuan Deklarasi Djuanda:

  • Mewujudkan bentuk wilayah NKRI yang utuh dan berdaulat
  • Menentukan batas-batas wilayah NKRI, sesuai dengan azas negara kepulauan
  • Mengatur lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI.

Selanjutnya, pada 23 September 1963, setelah Musyawarah Nasional (Munas) Maritim I tahun 1963, di Tugu Tani, Presiden Soekarno menetapkan tanggal peringatan Hari Maritim Nasional.

Dan pada tahun 1964 yakni setelah Munas Maritim 1, Presiden Soekarno mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 249/1964 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 23 September diperingati sebagai Hari Maritim Nasional.

Hingga kini, tanggal 23 September memperingati Hari Maritim Nasional. Tahun ini, Hari Maritim Nasional 2022 adalah peringatan yang ke-58 tahun.

Demikian informasi seputar Hari Maritim Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 23 September 2022, bertepatan pada hari Jumat. Semoga bermanfaat!

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT