Anies Absen Temu Kangen Kagama di Ancol, Titip Salam Via Panitia

ADVERTISEMENT

Anies Absen Temu Kangen Kagama di Ancol, Titip Salam Via Panitia

M Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 18:48 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga sejumlah Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara reuni yang diselenggarakan oleh Kagama DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang namun dia tak dapat hadir.

Ketua Pelaksana reuni Kagama DKI Teuku Sahir Syah Ali menyebut Anies sudah meminta izin tak hadir lantaran memiliki agenda lain. Dia menyebut Anies menitipkan salam melalui pesan singkat WhatsApp.

"Tadi Pak Anies WA saya, tapi sedang ada akad nikah, jadi sampaikan ke teman-teman semua... nggak keburu untuk hadir di acara ini. Tadi sudah kita sebutkan," kata Teuku Sahir saat ditemui detikcom di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (18/9/2022).

Selain Anies, alumni UGM yang tak hadir adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sedang berada di New York. Selain itu, Menteri Sekretariat Negara Pratikno juga tidak hadir karena sedang ada hajatan pernikahan anaknya.

"Tadi dihadiri oleh Pak Basuki, Pak Budi Karya, terus ada Pak Ganjar, terus dari Rektor diwakili oleh Bapak Wakil Rektor," ucap Teuku Sahir.

"Pak Pratikno juga izin nggak hadir karena tadi pagi mantu. Bu Retno lagi di New York, jadi nggak bisa hadir," imbuhnya.

Teuku Sahir menyebut pertemuan reuni ini bukan pertemuan politis. Sehingga, semua alumni dipandang sama dan membaur.

"Kita Kagama dalam rangka kumpul ini tidak ada nuansa politis. Jadi kita di kagama ini yang kita kedepankan, mungkin di mahasiswa juga kan banyak kegiatan-kegiatan yang membina... tapi kalo sudah alumni tentu kita membaur," jelasnya.

"Membaur, tidak ada atas bawah, faksi sana faksi sini semua menyatu. Menteri juga nyanyi duduk di lantai, kemudian makan ya seadannya, humble low profile itu lah khas UGM," lanjut Teuku.

Dia menjelaskan reuni kali ini dihadiri setidaknya oleh 2.500 alumni UGM lintas angkatan. Dia merasa bersyukur acara tersebut berlanjut dengan baik.

"Hari ini syukur Alhamdulillah setelah pandemi 2 tahun kita tidak melakukan reuni Kagama. Dan tahun ini kita bisa lakukan di hari ini, kurleb yang hadir seluruh jabodetabek dan kota2 lainnya, kurang lebih 2500 alumni," ujar Teuku Sahir.

"Dan Alhamdulillah acara berlanjut dengan baik, dengan tema Temu Kangen Guyub Rukun Kumpul Maneh. Artinya kita orang UGM itu banyak yang orang jawa, jadi kumpul kembali setelah dua tahun kita nggak kumpul," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo menghadiri acara reuni yang diselenggarakan oleh Kagama DKI Jakarta. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir.

Momen kebersamaan menteri-menteri Jokowi dan Ganjar itu diunggah di akun Instagram Koordinator Staf Khusus Presiden yang juga Sekjen PP Kagama, Ari Dwipayana, Minggu (18/9). Terlihat dalam foto itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Temu kangen KAGAMA 2022 yang diselenggarakan oleh KAGAMA DKI berlangsung meriah dan gayeng. Hadir Ketum KAGAMA, Mas Ganjar Pranowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya S, Waketum Anwar Sanusi, Bendum Yualita Sutjipto dan sedulur Kagama dari berbagai daerah," kata Ari Dwipayana di Instagramnya. Ari sudah mengizinkan detikcom mengutip unggahannya itu.

Kegiatan di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, itu disebut berlangsung guyub. Dia mengaku pertemuan itu dapat diadakan lagi setelah sebelumnya terhenti dua setengah tahun akibat pandemi.

"Setelah dua setengah tahun dilanda pandemi, sedulur Kagama kumpul meneh. Betul-betul guyub-rukun dan miguni," lanjutnya.

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT