Tentang Heboh Eko Kuntadhi Hina Ning Imaz hingga Sowan ke Lirboyo

ADVERTISEMENT

Tentang Heboh Eko Kuntadhi Hina Ning Imaz hingga Sowan ke Lirboyo

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 12:13 WIB
Eko Kuntadhi (Twitter @_ekokuntadhi)
Foto: Eko Kuntadhi (Twitter @_ekokuntadhi)
Jakarta -

Eko Kuntadhi menuai kecaman dari berbagai pihak usai mengunggah video dengan caption yang dianggap menghina ustazah Ponpes Lirboyo Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz di Twitter. Eko Kuntadhi kemudian mendatangi Ponpes Lirboyo dan meminta maaf.

Eko mengaku dirinya tidak membaca caption yang ada dalam video tersebut. Ia mengaku hanya mengunggah ulang video tersebut. Video tersebut ia dapat dari orang lain.

"Yang pertama, saya memang tidak tahu. Yang kedua, ketika saya melihat videonya, saya memang tidak memperhatikan caption-nya. Saya perhatikan kontennya. Yang masalah itu caption depannya, saya dapat dari Twitter atau WA, saya lupa," ujar Eko Kuntadhi saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

"Jadi caption depannya ada kata-kata kotor," lanjutnya.

Diketahui bahwa Eko Kuntadhi mencuit serta mengunggah video Ning Imaz yang bicara soal tafsir Surat Ali Imran ayat 14. Dalam video yang diunggah Eko Kuntadhi dituliskan kalimat 'T*l*l tingkat kadal. Hidup kok cuma mimpi selangkangan'. Cuitan Eko Kuntadhi itu sudah tak lagi terlihat. Cuitan terakhirnya per 12 September.

Eko telah menghapus cuitannya tersebut. Dia juga telah berkomunikasi langsung dengan Gus Rifqil Moeslim dan meminta maaf.

"Jadi saya twit malam, saya tidur. Pagi-pagi ada yang telepon. Langsung saya take down. Tapi sudah kesebar ke mana-mana. Saya sudah minta maaf ke Gus Rifqil Moeslim, suami Ning Imaz," ungkapnya.

detikcom merangkum sejumlah hal terkait heboh kasus Eko Kuntadhi hina Ning Imaz. Berikut selengkapnya:


Cuitan Eko Kuntadhi Sempat Disorot Sejumlah Pihak

Cuitan Eko tersebut menuai protes dari banyak netizen yang mengaku Nahdliyin. Salah seorang yang merespons cuitan Eko itu adalah Rais Syuriyah Pengurus Cabang Istimewa Nadhlatul Ulama (PCINU) Australia-Selandia Baru, Nardirsyah Hosen atau akrab disapa Gus Nadir.

Gus Nadir menyorot cuitan Eko yang dianggap tidak beradab. Menurutnya, seseorang boleh saja berbeda pendapat, namun tak perlu melabeli dengan kata-kata yang tidak pantas. Gus Nadir juga menjelaskan ke Eko, siapa sosok Ning Imaz yang dihina tersebut.

"Yang anda posting itu video Ning Imaz dari Ponpes Lirboyo, istri dari Gus Rifqil Moeslim. Beda pendapat hal biasa. Tapi gak usah melabeli dengan kata tolol. Posting saja video aslinya. Bukan yang sudah ditambahi kata-kata tolol. Belajarlah untuk santun dalam perbedaan," ungkap Gus Nadir di Twitter.

Tak lama setelah Gus Nadir berkomentar, Eko menghapus cuitannya. Namun, sudah banyak netizen yang meng-capture cuitan Eko tersebut. Mereka ramai-ramai meminta klarifikasi Eko.

Terkait dengan polemik tersebut, pengurus Ponpes Lirboyo buka suara. Kendati cuitan sudah dihapus, namun Lirboyo tetap menyayangkan apa yang telah dilakukan Eko.

Selengkapnya baca halaman selanjutnya.

Simak Video: 6 Poin Kesepakatan Eko Kuntadhi-Ponpes Lirboyo Usai Hina Ning Imaz

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT