Bike to Work Kritik Penutupan Sementara Parkir Sepeda Stasiun Jabodetabek

ADVERTISEMENT

Bike to Work Kritik Penutupan Sementara Parkir Sepeda Stasiun Jabodetabek

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 16 Sep 2022 08:39 WIB
Parkir sepeda di Stasiun Mangga Besar
Parkir sepeda di Stasiun Mangga Besar (Foto: dok. PT KAI)
Jakarta -

Komunitas Bike to Work Indonesia mengkritik kebijakan penutupan sementara parkir sepeda gratis di stasiun-stasiun KRL Jabodetabek. Menurut mereka, seharusnya pengelola stasiun, memberikan ruang bagi sepeda.

Dalam rilis yang diberikan oleh Bike to Work, mereka sedang menyoroti kejadian hilangnya sepeda saat di parkir di stasiun. Namun, mereka malah dibuat kecewa karena kebijakan yang dikeluarkan oleh PT KAI, selaku pengelola stasiun, adalah menutup sementara parkiran sepeda.

"Respons terhadap kritik yang baru saja dikemukakan sehubungan dengan makin seringnya kejadian sepeda hilang di tempat parkir. Di sejumlah stasiun, tempat parkir sepeda malah ditutup atau ditiadakan. Alasannya, antara lain sedang dilakukan kajian ulang," kata Ketua Umum Bike to Work (B2W) Indonesia, Fahmi Saimima, dalam keterangannya, Kamis (15/9/2022).

B2W Indonesia pun mengungkit Peraturan Menteri Perhubungan nomor 59 Tahun 2020, dan Peraturan Gubernur nomor 51 tahun 2020.

"Intinya, stasiun sebagai tempat publik, diharuskan mengalokasikan tempat parkir untuk sepeda dan tempat itu arus mudah diakses dan aman," katanya.

Kemudian, B2W pun megunggah foto di akun Instagram-nya, yang mengkritik soal penutupan sementara sepeda di stasiun. Dia menghimpun beberapa keluhan warga yang disampaikan melalui Twitter. Pengguna sepeda mengeluh tidak bisa parkir di stasiun-stasiun.

Dalam salah satu foto yang diunggah, terdapat area parkir sepeda di salah satu stasiun ditutup oleh garis berah bertulis PT KAI Commuter Line. Teradapat sepeda berwarna silver parkir di luar garis tersebut.

Di tengah-tengah garis, ditempel kertas pengumuman parkir sepeda ditutup sementara. Pengumuman tersebut tertulis:

Mulai Hari Kamis 15 September 2022, parkir khusus sepeda untuk sementara ditiadakan sampai proses penataan penanggungjawab keamanan parkir sepeda. Mohon maaf ketidaknyamanannya. Terima kasih.

"Ini merupakan reaksi yang tidak etis, alih-alih ingin mengevaluasi tapi dijawab dengan menutup parkiran sepeda hampir di banyak stasiun, pola komunikasinya pun sangat buruk, tercatat bahkan diminta menanyakan ke pihak ketiga (di Stasiun Bekasi Timur)," tulis keterangan dalam unggahan B2W Indonesia.

Tanggapan PT KAI

Kepala Humas Daop I PT KAI Eva Chairunisa membenarkan bahwa ada penataan ulang. Dia menyebut bahwa penataan itu untuk kenyamanan bersama.

"Mohon bersabar dulu sementara karena sedang dilakukan penataan ulang untuk pengaturan berbagai hal demi kenyamanan bersama. Dalam waktu dekat akan diinformasikan kembali," kata Eva saat dihubungi terpisah.

Eva menyebut, penataan ini bertujuan untuk meningkatkan pengamanan di area parkir sepeda.

"Upaya ini juga dilakukan untuk meningkatkan upaya pengamanan area parkir tentunya dilakukan untuk para pengguna khususnya yang akan membawa sepeda dan diparkir di stasiun," ucapnya.

Simak juga 'Simak! Berikut Lokasi 'Haram' untuk Parkir Kendaraan':

[Gambas:Video 20detik]




(aik/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT