Usai Kebakaran Kantor Kemendes, Sebagian Pegawai WFH hingga Pekan Depan

ADVERTISEMENT

Usai Kebakaran Kantor Kemendes, Sebagian Pegawai WFH hingga Pekan Depan

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 19:52 WIB
Dok. akun instagram @halimiskandarnu.
Foto: Dok. Instagram @halimiskandarnu
Jakarta -

Kebakaran melanda lantai 4 gedung utama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) di Tebet, Jakarta Selatan. Para pegawai pun harus berpindah gedung hingga bekerja dari rumah (WFH) imbas kebakaran.

"Sebagian karyawan di-WFH. Sebagian yang lain menyelesaikan tugas mendesaknya di gedung lain. Mudah-mudahan Senin, 19 September 2022, sudah normal kembali," kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).

Halim mengatakan gedung utama di Kantor Kemendes yang terbakar itu disterilkan untuk sementara waktu. Pembersihan hingga inventarisasi kerusakan akibat kebakaran mulai dilakukan hari ini.

"Hari ini proses pembersihan dan pengeringan panel listrik serta penyedotan air di ruang lift lantai bawah dilanjut pemeriksaan tombol dan panel lift pada setiap lantai. Juga dilakukan inventarisasi kerusakan, baik ruangan, peralatan elektronik, jaringan internet, dan lain-lain," tuturnya.

Dia mengatakan listrik di gedung tersebut masih padam. Dia menerangkan uji coba listrik di gedung yang terbakar akan dilakukan Minggu (18/9) ini.

"Besok, 16 September 2022, penuntasan yang belum tuntas dilanjut uji coba penyalaan listrik semua lantai kecuali lantai 4. Juga dilakukan penataan ruangan. Sabtu, 17 September, perbaikan jaringan kabel listrik di ruangan yang terdampak di lantai 4. Rehab ruangan terdampak dan lain-lain. Minggu, 18 September 2022, uji coba penyalaan listrik lantai 4. Finishing," jelas Halim.

Dia berharap proses pembersihan hingga penataan di gedung yang terbakar dapat berjalan lancar. Jika tak ada kendala, dia menyebut para pegawai akan kembali bekerja di gedung itu pada Senin (19/9) pekan depan.

"Mudahan lancar nggak ada kendala berarti sehingga Senin, 19 September 2022, sudah normal kembali," ujarnya.

Dia mengaku belum bisa memastikan berkas yang hangus terbakar. Dia bersyukur berkas di luar ruangan yang terbakar dapat diselamatkan.

"Berkas yang di luar lokasi kebakaran alhamdulillah tidak ada berkas yang tidak bisa diselamatkan. Sedangkan berkas yang ada dalam lokus kebakaran belum bisa dicermati, karena masih dalam pendalaman pihak berwenang untuk memastikan penyebab kebakarannya," ucapnya.

Dia mengatakan berkas yang bisa diselamatkan itu masih dalam proses pemilihan. Dia mengatakan pemilihan itu bertujuan memisahkan berkas yang masih dibutuhkan dengan berkas yang tidak terpakai.

"Masih dipilah antara yang masih dibutuhkan dengan yang sudah masuk dokumen kedaluwarsa," ujarnya.

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT