ADVERTISEMENT

KOTRA Dukung Pembangunan Rendah Karbon Melalui Teknologi Korea

Sponsored - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 11:15 WIB
KOTRA
Foto: KOTRA
Jakarta -

KOTRA berkolaborasi dengan perusahaan Korea Arasoft untuk memberikan edukasi terkait penggunaan program untuk membuat dokumen digital kepada pemerintah Indonesia, khususnya Jawa Timur, dan dua universitas di Jawa Timur. Selain itu Arasoft turut menyerahkan total 100 lisensi software mereka 'Namo Author' atau setara dengan 40.000 U$S.

Pelatihan penggunaan Namo Author ini berlangsung di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada tanggal 5-9 September 2022 dan di Universitas Ma Chung Malang pada tanggal 12-13 September 2022. Serah terima dilakukan di acara East Java Investment Week Rabu (14/9) dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebanyak 20 staf pemerintah lokal berpartisipasi dalam pelatihan tersebut untuk mempelajari teknologi yang bisa diimplementasikan untuk perkembangan digital government dan 40 orang dari universitas, mulai dari mahasiswa, staf, hingga dosen juga turut berpartisipasi dalam pelatihan tersebut dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan kertas di lingkungan pendidikan.

Wakil Rektor IV ITS Surabaya Bambang Pramujati mengatakan teknologi dan sistem digital Korea Selatan yang canggih diharapkan dapat menjadi contoh yang baik untuk kemajuan teknologi di Indonesia.

KOTRA Foto: KOTRA

"Kami menantikan potensi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Korea lainnya melalui KOTRA," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Sementara itu, Rektor Universitas Ma Chung Murpin Josua Sembiring menuturkan bahwa program CSR ini merupakan sebuah awal untuk berbagai potensi kerja sama antara Universitas Ma Chung dan KOTRA dengan perusahaan-perusahaan Korea.

Director General KOTRA Surabaya Kim Junsung menambahkan ESG merupakan panggilan zaman dan kewajiban sosial yang diharapkan oleh konsumen global terhadap perusahaan.

"Kami akan terus memberikan support kepada perusahaan Korea untuk dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan Indonesia serta memberikan kontribusi sosial," ujarnya.

Selain itu, pada 10 Agustus 2022 yang lalu, perusahaan Korea ECOLANT juga telah menandatangani MoU dengan pemerintah Kabupaten Madiun terkait pengembangansmart citydi Madiun melalui teknologismart LEDdansmart poledari ECOLANT. Sebagai bentuk support, KOTRA dan pemerintah Kabupaten Madiun juga menandatangani MoU pada hari ini (14/9) untuk mendukung kegiatan pengembangan smart city antara pemerintah Kabupaten Madiun dan ECOLANT.

Simak juga 'Pembelaan Taylor Swift soal Disebut Jadi Selebriti No.1 Pelanggar Emisi Karbon':

[Gambas:Video 20detik]



(Content Promotion/KOTRA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT