Samin Bawa Uang Puluhan Juta Hancur Dimakan Rayap ke BI, Ini Hasilnya

ADVERTISEMENT

Samin Bawa Uang Puluhan Juta Hancur Dimakan Rayap ke BI, Ini Hasilnya

Agil Trisetyawan Putra - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 16:07 WIB
Petugas Bank Indonesia Solo memeriksa uang rusak milik Samin akibat dimakan rayap di Kantor Bank Indonesia, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022). Seorang warga Solo, Samin (53 tahun), yang bekerja sebagai penjaga sekolah mengalami kerugian sekitar 50 juta karena uang tabungan haji miliknya rusak dimakan rayap akibat menyimpan di celengan plastik rumah. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Petugas Bank Indonesia Solo memeriksa uang rusak milik Samin akibat dimakan rayap di Kantor Bank Indonesia, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022). (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Solo -

Samin (53), penjaga sekolah di SD Negeri Lodjiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo, Jawa Timur, masih berharap uangnya yang dimakan rayap bisa ditukar. Dia pun pergi ke Bank Indonesia (BI) untuk menukarkan uangnya yang rusak.

"Kemarin, tidak semua uang saya bisa ditukar. Hanya sebagian saja senilai Rp 9.900.000. Yang lainnya belum bisa, karena kerusakannya di atas 45 persen," kata Samin seperti dilansir detikJateng, Rabu (14/9/2022).

Samin mengaku tidak mengetahui jumlah pasti uang tabungannya yang rusak dimakan rayap. Namun, jika dilihat dari tempat celengan yang uangnya masih utuh, sebesar Rp 49.800.000, dia mengasumsikan uangnya yang rusak sekitar Rp 50 juta.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Nugroho Joko Prastowo mengatakan uang yang dapat ditukar adalah uang asli dan harus memiliki luas minimal dua pertiga bagian atau 68 persen dari ukuran penuh.

Jadwal Penukaran Uang Rusak di BI Solo

Jadwal penukaran uang di Kantor Perwakilan BI Solo adalah pada setiap hari Kamis.

"Syarat tersebut diterapkan untuk menghindari adanya double claim," jelasnya.

Terkait dengan kasus Samin, pihak BI meminta bapak dua anak itu menyusun terlebih dahulu potongan uang bekas dimakan rayap karena uang yang rusak diketahui ada sudah dalam bentuk potongan-potongan kecil. Pecahan uangnya juga beragam, dari Rp 10 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu.

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT