Polda Metro Siap Beri Bantuan Hukum AKBP Jerry yang Dipecat, Polri: Itu Hak

ADVERTISEMENT

Polda Metro Siap Beri Bantuan Hukum AKBP Jerry yang Dipecat, Polri: Itu Hak

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 12:26 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyatakan siap memberi pendampingan hukum kepada AKBP Jerry Raymond Siagian yang dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat terkait penanganan kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Polri mengatakan hal tersebut merupakan hak AKBP Jerry.

"Itu hak terperiksa mendapat pendampingan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Dedi mengatakan sidang kode etik yang dijalani oleh AKBP Jerry sudah sesuai prosedur. Dia mengatakan Polri bersikap terbuka dalam penanganan dugaan pelanggaran etik.

"Sidang kode etik Polri sudah berjalan sesuai mekanisme untuk tetap menjaga akuntabilitas, transparan, dan adil," ujarnya.

Sebelumnya, mantan Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Raymond Siagian dikenai sanksi PDTH karena tidak profesional dalam menangani laporan terkait pembunuhan Brigadir Yosua. Polda Metro Jaya menghormati keputusan yang telah ditetapkan dalam sidang etik Polri.

"Adanya putusan PTDH yang dijatuhkan kepada mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya Saudara Jerry Siagian, dalam hal ini sikap Polda Metro Jaya adalah mengembalikan kepada yang bersangkutan. Karena dalam putusan tersebut juga ada hak untuk menyampaikan banding tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/9).

Zulpan mengatakan pihaknya juga menghormati langkah AKBP Jerry yang mengambil banding atas putusan PTDH tersebut. Selain itu, pihak Polda Metro Jaya bakal memberikan pendampingan bantuan hukum.

"Jadi kita menyerahkan kepada yang bersangkutan. Kemudian Polda Metro Jaya sebagai Polda di mana yang bersangkutan pernah berdinas, walaupun sudah ada TR pemindahan menjadi pamen Yanma Mabes Polri, tetapi Polda Metro Jaya akan siap memberikan bantuan hukum manakala yang bersangkutan membutuhkan dalam proses selanjutnya," jelas Zulpan.

Simak Video 'Perlawanan Balik AKBP Jerry yang Dipecat Karena Kasus Sambo':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT