ADVERTISEMENT

Teken MoU, Bandara Sam Ratulangi Siap Layani Penerbangan Langsung ke Seoul

Eva Safitri - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 20:56 WIB
Syarat penerbangan domestik terbaru diberlakukan untuk pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan bepergian dengan pesawat. Cek selengkapnya di sini.
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Seoul -

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pihak maskapai Jeju Air. MoU ini merupakan perjanjian kerja sama dalam menghadirkan penerbangan langsung Bandara Sam Ratulangi ke Seoul.

Penandatanganan ini termasuk rangkaian kunjungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke Korea Selatan. Olly mendampingi Megawati sekaligus meneken kerja sama tersebut.

"Dalam pertemuan Ibu Mega di Jeju ini sekaligus kita diagendakan kerja sama pemerintah Sulawesi Utara dengan Jeju Air dalam rangka penerbangan langsung dari Korea ke Sulawesi Utara. Karena jarak tempuh dari Korea ke Sulawesi Utara kan cuma 5 jam plus plus dikit," kata Olly di The We Hotel, Jeju, Korea Selatan, Senin (12/9/2022).

Olly mengatakan kerja sama ini akan berdampak langsung bagi masyarakat Sulawesi Utara di bidang pariwisata. Sebab, saat ini sudah banyak investor Korea yang menanam saham di Korea.

"Dan ini suatu hal yang sangat baik bagi pemerintah Sulawesi Utara dan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Sulawesi Utara, karena memang di Sulawesi Utara investor Korea sudah ada, ada investasi pariwisata, hotel, dan lapangan golf, jadi ini akan mendorong pariwisata di Sulawesi Utara lebih khususnya di Likupang akan lebih cepat," ujarnya.

Bendahara Umum PDIP ini mengatakan sejumlah turis dari Korea pun sudah mulai berdatangan ke wilayah Sulawesi Utara. Apalagi, belakangan ini pemerintah Korea sudah mulai melonggarkan pembatasan.

"Sudah banyak, dan pemerintah sudah mulai melonggarkan juga. Cuma karena kendala COVID aja kemarin. Nah ini kalau sudah agak longgar, pemerintah Korea sudah mulai melonggarkan. Saya kira mulai berdampak positif terhadap pariwisata Sulawesi Utara untuk Indonesia," ujarnya.

Diketahui, Megawati tengah melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Megawati dijadwalkan akan menjadi pembicara di Jeju Forum for Peace and Prosperity.

Selain itu, Megawati akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dalam hal ini, Megawati berkapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN.

(eva/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT