Cageur Jasa Jadi Andalan Layanan Kesehatan Jemput Bola di Tangerang

ADVERTISEMENT

Cageur Jasa Jadi Andalan Layanan Kesehatan Jemput Bola di Tangerang

Arief Budiman - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 20:18 WIB
Cageur Jasa Jadi Andalan Layanan Kesehatan Jemput Bola di Kota Tangerang
Foto: Dok. Pemkot Tangerang
Jakarta -

Cageur Jasa menjadi andalan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan berdaya saing. Melalui program tersebut pemkot ingin memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat dengan sistem jemput bola atau mengunjungi dan memonitoring kesehatan masyarakat ke rumah-rumah secara door to door.

"Cageur Jasa merupakan program pelayanan petugas kesehatan ke rumah warga untuk mendata dan menindaklanjuti apabila terdapat permasalahan kesehatan warga serta melakukan edukasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat," jelas Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

Lebih lanjut, pihaknya ingin terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi. Pasalnya, kata dia, kemajuan bangsa salah satunya dapat ditunjang dengan adanya akses kesehatan yang merata.

"Pada prinsipnya, kemajuan suatu bangsa salah satunya ditunjang oleh kesehatan. Oleh karenanya Pemkot Tangerang terus berupaya melahirkan inovasi guna peningkatan kesehatan masyarakat," tukas Arief.

Diketahui, program Kolaborasi Kunjungan Rumah Integrasi Keluarga Sehat atau familiar disebut dengan Cageur Jasa diluncurkan sejak tahun 2017. Cageur yang dalam Bahasa Sunda berarti 'sehat', dan Jasa yang berarti 'banget', dalam Bahasa Tangerang sehingga Cageur Jasa memiliki arti Sehat Banget.

Sesuai dengan artinya, Cageur Jasa memiliki tujuan memberikan pelayanan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status ekonomi masyarakat, lokasi, gender, disabilitas, usia dan mencakup seluruh siklus kehidupan manusia mulai dari janin, bayi, balita, remaja, usia produktif, ibu hamil hingga lanjut usia sehingga tercipta masyarakat Kota Tangerang yang sehat banget. Dengan tubuh yang sehat, dapat mendukung masyarakat untuk melakukan kegiatan tanpa hambatan sehingga meningkatkan daya saing masyarakat apalagi di era globalisasi saat ini.

Petugas kesehatan yang terdiri dari dokter dan perawat dibekali kendaraan bermotor roda dua yang dilengkapi dengan bagasi mini di samping kiri dan kanan serta belakang untuk membawa perbekalan obat-obatan dan keperluan lainnya.

Hingga kini, tersedia 76 motor Cageur Jasa yang tersebar pada 38 Puskesmas di Kota Tangerang. Meski demikian, tak jarang petugas harus berjalan kaki karena rumah warga yang dituju tidak bisa dilalui oleh motor.

Layanan Cageur Jasa juga terintegrasi dengan Ambulans Gratis (AG) Kota Tangerang untuk warga yang memerlukan penanganan di Puskesmas serta Sisrute (Sistem Rujukan Terintegrasi) dan Sijari Emas (Sistem Informasi Jejaring Rujukan Expanding Maternal and Newborn Survival) untuk mendapatkan layanan transportasi Ambulans SMART 119 ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

Cageur Jasa Jadi Andalan Layanan Kesehatan Jemput Bola di Kota TangerangFoto: Dok. Pemkot Tangerang

"Petugas akan melakukan kunjungan ke rumah warga sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing Puskesmas untuk memastikan kondisi warga tersebut sehat. Bila ditemukan masalah maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit. Namun bila sehat maka akan diberikan edukasi mengenai pola hidup bersih dan sehat," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni.

"Pelayanan mencakup deteksi dini penyakit, penyuluhan, pemeriksaan fisik, pendataan riwayat penyakit, pengobatan, hingga pemeriksaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)," tambahnya.

Abdul, warga Kota Tangerang mengaku senang didatangi petugas Cageur Jasa yang dianggapnya sangat peduli terhadap kondisi kesehatan keluarganya.

"Ya senang sekali didatangi oleh mereka, kita dicek kesehatannya juga dikasih obat. Saya tadi dicek tensi nya tinggi, dan langsung di kasih obat ama ibu dokternya," terang Abdul.

Saat virus COVID-19 merebak misalnya, petugas Cageur Jasa turut berkeliling mensosialisasikannya ke setiap lingkungan masyarakat. Berkat Cageur Jasa, pendeteksian kasus penyakit dapat ditemukan sejak dini sehingga dapat menekan angka kesakitan, mencegah penyakit ke arah kronis, dan mencegah penularan penyakit seperti pada kasus penyakit TB paru. Kini ratusan ribu kepala keluarga di Kota Tangerang telah merasakan pelayanan kesehatan Cageur Jasa.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT