Demo Kenaikan BBM Hari Ini: Catat Titik Lokasi dan Rekayasa Lalin

ADVERTISEMENT

Demo Kenaikan BBM Hari Ini: Catat Titik Lokasi dan Rekayasa Lalin

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 13:02 WIB
Demo Kenaikan BBM Hari Ini: Catat Titik Lokasi dan Rekayasa Lalin
Demo Kenaikan BBM Hari Ini: Catat Titik Lokasi dan Rekayasa Lalin | Foto: (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Demo kenaikan BBM masih terus berlanjut sampai hari ini. Demo tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ini merupakan aksi lanjutan dari demo kenaikan harga BBM sebelumnya.

Aksi unjuk rasa tolak kenaikan BBM ini pun digelar di berbagai tempat di sejumlah daerah, termasuk Jakarta. Hari ini di Jakarta sendiri, ada beberapa titik lokasi demo tolak kenaikan harga BBM yang akan digelar.

Lantas, di mana saja titik lokasi demo hari ini di Jakarta? Dan bagaimana kondisi lalu lintas di daerah tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

3 Titik Lokasi Demo Kenaikan BBM di Jakarta Hari Ini

Ada tiga titik lokasi demo tolak kenaikan harga BBM di Jakarta yang akan terjadi pada hari ini. Seperti disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, kemungkinan akan adanya pengalihan arus di 3 titik imbas demo hari ini.

"Kemudian gini, dalam demo kali ini saya imbau kepada masyarakat dimungkinkan adanya pengalihan arus lalin imbas demo ini. Pengalihan arus lalin itu di tiga titik itu. Pengalihannya mana aja itu saya ngga sebutkan yang penting dilakukan di tiga titik demo itu dan diberlakukan 11 siang hari jadi masyarakat dah paham ya," katanya.

"Kemudian pemakaian narasi kata kapolda dia ngga mau pake pengamanan unras. Tapi di dalamnya ditulis polisi lakukan pengawalan dan penjagaan gitu kan," lanjut Zulpan.

Berikut tiga titik lokasi demo kenaikan BBM hari ini di Jakarta serta estimasi massa demo:

  1. Patung Kuda: (Kurang Lebih 1.885 massa)
  2. Gedung DPR/MPR (105 orang)
  3. Balai Kota DKI Jakarta (100 orang)
Demo Kenaikan BBM Hari Ini: Catat Titik Lokasi dan Rekayasa LalinDemo Kenaikan BBM Hari Ini: Catat Titik Lokasi dan Rekayasa Lalin | Foto: (Anggi Muliawati/detikcom)

Massa Demo Kenaikan BBM di Jakarta Hari Ini: Ada BEM-PA 212

Massa aksi unjuk rasa tolak kenaikan harga BBM di Jakarta pada hari ini tergabung dari sejumlah elemen masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari gerakan mahasiswa, BEM, buruh, organisasi masyarakat (ormas), hingga Presidium Alumni (PA) 212.

PA 212 bersama sejumlah ormas lainnya berencana menggelar demo kenaikan BBM di Istana Negara. Pihak kepolisian akan mengalihkan akses jalan menuju Istana Negara untuk mengantisipasi aksi ini. Selain itu, polisi juga akan kerahkan total 6.142 personel untuk mengawal dan menjaga aksi demo di Jakarta hari ini.

Berikut daftar massa demo kenaikan BBM di Jakarta hari ini, meliputi:

  • Massa Demo di Patung Kuda:
    - KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) (1.000 orang)
    - Gerakan Nasional Pembela Rakyat (400-750 orang)
    - BEM Universitas Azzahra (20 orang)
    - Pergerakan Aktivis Nusantara (PAN) (15 orang)
    - DPD IMM DKI Jakarta (50 orang)
    - GMNI (100 orang)
    - Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) (50 orang)
    - Koordinator Pusat BEM Tanah Air (150 orang)
    - Komite Masyarakat Jakarta Utara (KOM-JU) (100 orang)
  • Massa Demo di Gedung DPR/MPR:
    - BEM Universitas Azzahra (20 orang)
    - Pergerakan Aktivis Nusantara (15 orang)
    - Poros Baru Batavia Memanggil (PR BBM) (70 orang)
  • Massa Demo di Balai Kota DKI Jakarta:
    - FSPMI (100 orang)

Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Jelang Demo Kenaikan BBM

Massa demo kenaikan BBM terjadi di sejumlah titik di Jakarta. Untuk itu, pihak kepolisian pun telah menyiapkan skema rekayasa lalu di berbagai titik lokasi demo hari ini di Jakarta. Hal ini termasuk rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara.

"Diimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari sekitaran Bundaran Patung Kuda Monas, ruas jalan Abdul Muis dan Medan Merdeka, Harmoni , Gedung DPR/MPR, dikarenakan adanya kegiatan penyampaian pendapat oleh elemen masyarakat," tulis akun Instagram TMC Polda Metro Jaya @tmcpoldametro seperti dilihat, Senin (12/9/2022).

TMC Polda Metro juga mengunggah foto rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara. Pengalihan arus lalu lintas dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Berikut rekayasa arus lalu lintas di sekitar Istana Negara tersebut:

  • Arus lalin dari arah bundaran HI menuju Jl Merdeka Barat dialihkan ke Jl Budi Kemuliaan atau Jl Merdeka Selatan
  • Arus lalin dari arah Tugu Tani menuju Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira (situasional)
  • Arus lalin dari arah Jl Hayam Wuruk menuju Jl Majapahit/Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Juanda atau ke Jl Suryopranoto
  • Jl Abdul Muis menuju Jl Gajah Mada dialihkan ke Jl Tanah Abang Satu

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan kenaikan harga BBM 2022. Saat ini, harga BBM jenis Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter dan Pertamax naik dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter. Keputusan tersebut pun menuai penolakan dari banyak masyarakat hingga gelar demo kenaikan BBM di berbagai tempat.

Simak video 'Demo Tolak Kenaikan Harga BBM':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT