Kemlu Ungkap Prestasi Jokowi Bakal Diberi Penghargaan Global Citizen Award

ADVERTISEMENT

Kemlu Ungkap Prestasi Jokowi Bakal Diberi Penghargaan Global Citizen Award

Gibran Maulana - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 12:47 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapatkan penghargaan Global Citizen Award. Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu, Tri Tharyat, mengungkapkan sederet prestasi Jokowi yang bakal menerima penghargaan ini.

Tri, dalam media briefing Kemlu di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (12/9/2022), menyebut penghargaan terhadap Jokowi bakal diterima Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada 19 September 2022 dalam rangkaian kunjungan delegasi RI di Sidang Umum PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat. Tri menyebut penghargaan ini prestisius.

"Penerimaan Global Citizen Award oleh Bapak Presiden yang akan diberikan oleh satu lembaga think tank terkemuka di Amerika yang bernama Atlantic Counsil di mana Bapak Presiden akan diberikan penghargaan prestisius yang disebut dengan Global Citizen Award 2022," kata Tri,

"Bapak Presiden diberikan penghargaan ini melalui suatu proses tentunya oleh tim di dalam Atlantic Counsil ini dan kenapa beliau terpilih karena sekali lagi award ini bentuk pengakuan atas kepemimpinan Indonesia di G20, khususnya adalah mendorong kolaborasi dan penanganan Atlantik global dan juga upaya Bapak Presiden dalam menciptakan perdamaian internasional dan kerja sama pascapandemi," imbuhnya.

Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu, Tri Tharyat (Gibran Maulana/detikcom).Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu, Tri Tharyat (Gibran Maulana/detikcom)

Tri menyebut kunjungan misi damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia mendapat perhatian dunia internasional. Jokowi disebut turut berupaya menciptakan solusi atas perang berkelanjutan di Ukraina.

"Dan pun utama yang mendapatkan perhatian luas adalah kehadiran beliau di Moskow dan di Kiev dan sebagai bentuk dari dukungan politik presiden bagi upaya pencapaian solusi atas krisis pangan, energi dan keuangan, serta bagaimana kemudian konflik ini bisa diturunkan dan juga bagaimana kemudian pasokan pangan dan energi tidak mengganggu stabilitas global," ujar Tri.

Tri menyebut penghargaan ini juga sebagai pengakuan atas karier Jokowi. Jokowi disebut meniti karier dari bawah hingga menjadi Presiden RI.

"Seperti diketahui juga, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas perjalanan karier Bapak Presiden yang meniti karier dari bawah atau dalam istilah bahasa Inggris-nya, from humble beginning," katanya.

Tri menyebut Global Citizen Award diberikan kepada pemimpin dunia dan individu berprestasi yang membuat karya besar bagi kemanusiaan. Sebelum Jokowi, beberapa kepala negara juga mendapat penghargaan ini antara lain Presiden Korea Selatan hingga PM Belanda.

"Pada kesempatan ini, Ibu Menlu akan menerima penghargaan tersebut atas nama Bapak Presiden dan Bapak Presiden akan menyampaikan pesan melalui video pada kesempatan tersebut," ujar Tri.

Lihat juga video 'Masih Pakai Gaya Lama, Jokowi Usul Struktur Ditjen Imigrasi Dirombak!':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT