Fakta di Balik Viral Pria Jalan di Atas Air Sungai Barito

ADVERTISEMENT

Fakta di Balik Viral Pria Jalan di Atas Air Sungai Barito

Tim detikSulsel - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 11:39 WIB
Aksi pria berjalan di atas air di Banjarmasin.
Viral pria disebut berjalan di atas air di Kalsel. (dok. istimewa)
Banjarmasin -

Seorang pria disebut berjalan di atas air di Kalimantan Selatan (Kalsel) membuat heboh jagat maya. Aksinya bak adegan di film-film kungfu itu rupanya terjadi saat air sedang surut.

"Kalau memang video itu dibuat di sini, sudah pasti pas airnya mulai pasang, jadi seolah-olah berjalan di air kelihatan dari jauh," ungkap Iwan Ray, salah seorang warga, dalam keterangannya, seperti dilansir detikSulsel, Minggu (11/9/2022).

Lokasi pria berjalan di atas air itu disebut berada di kawasan wisata Pulau Kembang, Perairan Sungai Barito, Kalsel. Letaknya bersebelahan dengan Pulau Kembang di Kabupaten Barito Kuala.

Di lokasi tersebut, warga mengatakan sering terjadi fenomena pulau gosong atau pantai gosong. Jika kondisi air sangat surut, maka hamparan pasir lembut bisa disaksikan di lokasi tersebut.

Pulau gosong ini konon disebut sering muncul beberapa kali dalam setahun. Kemunculannya terjadi saat keadaan air sangat surut, terutama pada musim kemarau.

Fenomena ini biasanya terjadi dalam waktu tidak begitu lama. Jarak waktunya biasa antara pukul 12.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita. Pantai gosong itu akan hilang kembali seiring dengan air pasang perairan Sungai Barito.

"Dulu kami sering bermain bola saat kondisi surut," kata Iwan Ray.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Perjuangan Siswa di Lereng Semeru, Digendong Ortu untuk Sebrangi Sungai':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT