Rombongan 'Besan Bogor' Tutup Pelat Mobil Melintas di Gatsu

ADVERTISEMENT

Rombongan 'Besan Bogor' Tutup Pelat Mobil Melintas di Gatsu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 10:56 WIB
Peserta demo Besan Bogor konvoi kendaraan tutupi pelat mobil, melintas di flyover Pancoran, Jaksel, Senin (12/9/2022). Foto: dok. Herianto Batubara
Rombongan 'Besan Bogor' konvoi kendaraan tutupi pelat mobil, diduga hendak demo. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Rombongan massa konvoi menggunakan mobil pribadi dengan tulisan 'Besan Bogor' melintas di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan. Rombongan ini menutup pelat kendaraan yang mereka gunakan.

Seorang warga bernama Heriawan mengatakan rombongan mobil tersebut terlihat melintas di flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022) sekitar pukul 10.15 WIB.

"Itu posisinya di flyover Pancoran mengarah ke Semanggi lewat Jalan Gatsu," ujar Heri saat dihubungi detikcom, Senin (12/9/2022).

Heri mengatakan konvoi mobil pribadi tersebut diduga hendak demo, bukan rombongan besan pengantin. Ada beberapa orang yang mengeluarkan sebagian badannya lewat kaca jendela mobil.

Ada yang sengaja keluar dari jendela dan duduk untuk mengabadikan konvoi dengan kamera ponsel. Mereka yang keluar dari jendela itu mengarahkan kendaraan lain untuk jalan ke kiri.

Sepanjang perjalanan konvoi kendaraan menyalakan lampu hazard. Diduga mereka mau demo ke Istana Merdeka.

"Rombongan konvoi 'besan Bogor' ini membunyikan klakson saat melintas. Beberapa orang duduk di pintu mobil, mengeluarkan badannya. Membahayakan ya menurut saya. Beberapa orang juga tampak sambil merokok," ujarnya.

Rombongan massa 'Besan Bogor' konvoi tutupi pelat kendaraan, di Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022)Rombongan massa 'Besan Bogor' konvoi tutupi pelat kendaraan, di Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2022). (Foto: Dok. Istimewa)


3 Titik Demonstarasi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menyebut demonstrasi hari ini akan terkonsentrasi di Patung Kuda. Selain itu, massa juga akan demo di depan gedung DPR/MPR.

"Iya di tiga titik jadi dibagi, konsentrasi utamanya itu di patung kuda dan di MPR-DPR," ucap Zulpan saat dihubungi, Senin (12/9/2022).

Zulpan mengatakan pihaknya akan mengerahkan 6.142 personel gabungan dari Polda Metro hingga Brimob. Dia pun mengatakan kemungkinan akan adanya pengalihan arus di 3 titik imbas demo hari ini.

"Kemudian gini, dalam demo kali ini saya imbau kepada masyarakat dimungkinkan adanya pengalihan arus lalin imbas demo ini. Pengalihan arus lalin itu di tiga titik itu. Pengalihannya mana aja itu saya ngga sebutkan yang penting dilakukan di tiga titik demo itu dan diberlakukan 11 siang hari jadi masyarakat dah paham ya," ucapnya.

"Kemudian pemakaian narasi kata kapolda dia ngga mau pake pengamanan unras. Tapi di dalamnya ditulis polisi lakukan pengawalan dan penjagaan gitu kan," lanjut dia.

Adapun tiga titik demonstrasi hingga estimasi massa demo pada hari ini yakni:

1. Patung Kuda: (Kurang Lebih 1.885 massa)
- KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) (1.000 orang)
- Gerakan Nasional Pembela Rakyat (400-750 orang)
- BEM Universitas Azzahra (20 orang)
- Pergerakan Aktivis Nusantara (PAN) (15 orang)
- DPD IMM DKI Jakarta (50 orang)
- GMNI (100 orang)
- Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) (50 orang)
- Koordinator Pusat BEM Tanah Air (150 orang)
- Komite Masyarakat Jakarta Utara (KOM-JU) (100 orang)

2. Gedung DPR/MPR (105 orang)
- BEM Universitas Azzahra (20 orang)
- Pergerakan Aktivis Nusantara (15 orang)
- Poros Baru Batavia Memanggil (PR BBM) (70 orang)

3. Balai Kota DKI Jakarta (100 orang)
- FSPMI (100 orang)

Lihat video 'Cekcok Polisi dengan Ketua RT Gegara Parkir Mobil, Mahfud Minta Polri Usut':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/bar)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT