Tangsel Marathon 2022 Sukses Digelar, 2.500 Peserta Ambil Bagian

ADVERTISEMENT

Tangsel Marathon 2022 Sukses Digelar, 2.500 Peserta Ambil Bagian

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 11 Sep 2022 22:32 WIB
Pemkot Tangsel
Foto: Pemkot Tangsel
Jakarta -

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie resmi membuka Tangsel Marathon di Teras Kota, BSD, Minggu (11/9). Dalam perhelatan ini, sebanyak 2.500 orang peserta memperebutkan hadiah sebesar Rp 350 juta.

Benyamin mengungkapkan kesuksesan gelaran ini merupakan hasil kolaborasi semua pihak serta dukungan dari masyarakat. Karena itu, ia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat menyukseskan Tangsel Marathon.

"Tangsel marathon ini kegiatan yang bersifat kolaboratif bersama para sponsor. Tidak menggunakan APBD sama sekali. Dan yang paling penting kebahagiaan masyarakat dapat terasa dengan adanya Tangsel Marathon ini, serta perekonomian juga tumbuh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2022).

Benyamin mengisyaratkan gelaran Tangsel Marathon akan menjadi agenda tahunan di Tangerang Selatan. Terlebih, kesuksesan Tangsel Marathon kali ini yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, baik dari masyarakat dari maupun luar daerah Tangerang Selatan.

"Alhamdulillah, Tangsel Marathon ini sukses dan berjalan lancar. Banyak sekali yang datang dari luar daerah, bahkan dari luar negeri juga ada. Ini memacu semangat kami untuk kembali laksanakan Tangsel Marathon di tahun selanjutnya," imbuhnya.

Event ini turut Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan yang turut berpartisipasi dan berhasil menyelesaikan lari jarak 10K, serta Wali Kota Bogor Bima Arya yang berhasil finish di jarak tempuh yang sama.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Tangsel Mursinah mengatakan ajang ini menjadi event besar yang dapat membangkitkan perekonomian di Kota Tangsel. Menurutnya, Tangsel Marathon ini menjadi langkah awal Tangsel untuk mengembalikan seluruh aktivitas kembali seperti semula serta menarik wisatawan untuk berkunjung ke Tangsel.

"Bayangkan saja, 2.500 pelari kumpul semua di Tangsel dan mengikuti Tangsel Marathon ini, luar biasa," ungkapnya.

Ia menjelaskan para pelari ini sebelumnya telah mengambil tiket dan baju pada Jumat (9/9) hingga Sabtu (10/9) di Lantai 2 depan CGV Teras Kota BSD, Serpong.

"Peserta menerima baju atau kaos, BIB (nomor dada) dan produk-produk sponsor," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Idea Safrita Aryana menerangkan Tangsel Marathon memiliki beberapa cabang marathon, yakni cabang disabilitas 3 km, 5 km, 10 km, half marathon atau 21 km dan full marathon 42 km.

Para pelari untuk rute 42 km melintasi Teras Kota, depan Polsek Serpong, Pasar Modern BSD, Ciater Maruga, Kelurahan Serua, Tanah Tingal, Kampus UPJ, Bintaro Xchange, Emerald Bintaro (Binloop), Graha Raya, Pusdiklantas, Alam Sutera, Telkomsel, Taman Kota 1, Eka Hospital dan kembali lagi ke Teras Kota.

Rute 21 km melintasi Teras kota, depan Polsek Serpong, Pasar Modern BSD, Ciater Maruga, kembali ke Pasmod, Ora et Labora, Masjid Al-Hakim, putar balik ke Pasmod, langsung ke Taman Kota 1, Eka Hospital dan kembali ke Teras Kota.

Sedangkan rute 10 km melewati Teras Kota, depan Polsek Serpong, Pasmod, Ciater Maruga, kembali ke Pasmod, Ora et Labora, Masjid Al-Hakim, putar balik ke Pasmod, Autopart, Eka Hospital dan kembali ke Teras Kota.

Sementara untuk rute 5 km melintasi Teras Kota, depan Polsek Serpong, Gereja Menorah, Autopart, Eka Hospital dan kembali ke Teras Kota. Untuk rute disabilitas 3 km sendiri melewati Teras kota, Autopart, Eka Hospital dan kembali ke Teras Kota.

"Alhamdulillah semua kategori telah diselesaikan dan didapatkan para pemenangnya. Dan ini berjalan lancar berkat kolaborasi kita semua, terutama Pemkot Tangsel yang luar biasa," pungkas Safrita.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT