ADVERTISEMENT

Penjelasan PLN soal Pemotor Tewas Kesetrum Kabel Menjuntai di Tangerang

Nahda Rizki Utami - detikNews
Minggu, 11 Sep 2022 09:13 WIB
Ilustrasi kesetrum
Foto Ilustrasi (Thinkstock)
Tangerang -

Seorang pengendara motor berinisial A (28) tersengat aliran listrik hingga tewas saat melintas di Jalan Raya Prancis, Kosambi, Kabupaten Tangerang. A tersengat listrik dari kabel yang menjuntai ke jalan.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjelaskan bahwa kabel yang terjuntai memang berada satu jalur dengan kabel PLN. Namun kabel tersebut dipastikan bukan kabel PLN.

"Kabel yang putus memang berada satu jalur dengan kabel PLN namun kabel tersebut utilitas instansi lain," kata PLN UP3 Teluk Naga melalui Pejabat Pelaksana K3L, Aziz Analukman, dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2022).

Azis memastikan kabel milik PLN sudah dalam kondisi aman dan sesuai standar. PLN, jelas Azis, mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan terhadap keamanan kelistrikan.

Azis melanjutkan, saat ini selain kabel dan jaringan listrik PLN juga terdapat utilitas instansi lain yang berpotensi membahayakan masyarakat. Dia menjelaskan utilitas lain itu seperti gorong-gorong yang tidak tertutup sempurna, jalan berlubang yang tergenang air ataupun kabel milik perusahaan lain yang menempel di kabel milik PLN yang menimbulkan potensi bahaya listrik.

"Saat ini PLN Teluk Naga memastikan bahwa utilitas milik PLN dalam kondisi aman dan sesuai dengan standar yang diterapkan. PLN juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap keamanan kelistrikan khususnya di musim penghujan saat ini", ujar Azis.

Sementara itu, Manajer PLN Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) Teluk Naga Diah Puspita mengimbau masyarakat segera melapor apabila menemukan utilitas milik PLN yang berpotensi bahaya. Diah memandang hal ini memerlukan kerja sama dari semua pihak.

"Terhadap utilitas milik PLN berpotensi bahaya, saya mengajak peran aktif masyarakat segera melaporkan apabila menemukan hal tersebut di lapangan. Pengaduan potensi bahaya bisa disampaikan kapan dan dimana saja melalui Aplikasi PLN Mobile maupun Call Center PLN 123," ujar Diah

"Ini memerlukan kerja sama semua pihak sebagai upaya bersama untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya yang bisa muncul setiap saat karena keselamatan merupakan komitmen dan sinergi kita bersama," imbuhnya.

Sebelumnya, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir menerangkan seorang pemotor berinisial A (28) tewas tersengat listrik dari kabel yang menjuntai ke jalan pada Jumat (9/9/2022) pukul 19.58 WIB. Munir menyebut A langsung ambruk dan tergeletak di tepi jalan setelah tersengat aliran listrik.

"Salah seorang pengendara motor yang berboncengan sedang melintas di Jalan Raya Prancis, Dadap, Kosambi, tersengat aliran listrik akibat kabel yang menjuntai ke jalan. Akibatnya, pemotor ambruk dan tergeletak di tepi jalan," kata Munir kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).

Munir menyebutkan A saat itu berboncengan dengan P (26), yang juga ikut tersengat aliran listrik hingga mengalami luka bakar. Saat itu kondisinya hujan deras.

"Dalam musibah tersebut, terdapat dua orang yang tersengat listrik saat berkendara dalam keadaan hujan deras. Nahas, satu orang meninggal dunia di tempat dan satu orang terluka akibat luka bakar," ujar Munir.

Lebih lanjut Munir mengatakan saat itu korban langsung dibawa ke Rumah Sakit BUN, Kosambi. "Kemudian dilarikan ke Rumah Sakit BUN, Kosambi, untuk mendapatkan pertolongan," jelasnya.

Tonton juga Video: Sah! Tarif Listrik Naik, Dirut PLN: Kalau Pindah Daya, Ya Monggo

[Gambas:Video 20detik]




(nhd/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT