ADVERTISEMENT

Senangnya Warga Saat Kampung Susun Kunir Diresmikan Anies

Silvia Ng - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2022 22:01 WIB
Warga senang Kampung Susun Kunir diresmikan Anies Baswedan.
Warga Kampung Susun Kunir (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan Kampung Susun Kunir di Tamansari, Jakarta Barat. Rusun ini akan ditempati 33 keluarga yang digusur pada 2015 silam era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Seorang warga, Indri (35), mengatakan tujuh tahun perjuangan warga Kampung Kunir mendapatkan kembali haknya bukanlah hal yang mudah. Dia menyebut Anies telah memenuhi janji politiknya dengan warga Kampung Kunir.

"Kita merasa senang banget, istilahnya kita dibangunin rumah seperti ini, perjalanan kita selama tujuh tahun ini bukanlah hal mudah, dari kita pertama mengalami penggusuran, terus kita bikin bedeng, terus digusur lagi," kata Indri kepada detikcom, di Kampung Susun Kunir, Jakarta Barat, Sabtu (10/9/2022).

Dia mengatakan Anies telah menunaikan janji politiknya dengan warga Kampung Kunir. "Alhamdulillah janji-janji Pak Anies terpenuhi semua, pas kita awal kontrak politik sampai sekarang alhamdulillah sudah terpenuhi," ungkap dia.

Pembangunan Kampung Susun Kunir, lanjut dia, menjadi bukti bahwa tujuh tahun perjuangan warga tidak sia-sia. Dia merasa berterima kasih kepada Anies.

"Ya senang banget kita sudah dibangun rumah kayak gini sama Pak Anies, perjuangan kita enggak sia-sia selama ini kita bener-bener bersyukur banget lah sama Pak Anies," kata dia.

"Istilahnya, Kota Tua hidup kembali lah Jalan Kunirnya. Kita pada nggak mau ninggalin Jalan Kunir ya ini, karena sejarah kita itu bener-bener ada lah. Aku disini tuh dari masih bayi, aku udah 35 tahun disini," imbuhnya.

Warga senang Kampung Susun Kunir diresmikan Anies Baswedan.Kampung Susun Kunir diresmikan Anies Baswedan. Foto: Silvia Ng/detikcom

Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya, Heni, dia berterima kasih karena akhirnya dapat tinggal dengan tenang di Kampung Susun Kunir.

"Izinkan kami berterima kasih kepada Bapak Anies Baswedan beserta jajaran, kampung kami telah terbangun kembali, kami kini bisa kembali bermukim dengan tenang, dan anak-anak kami kini bisa bermain dengan leluasa," kata Heni.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Kunir di Tamansari, Jakarta Barat. Rusun ini bakal ditempati 33 keluarga warga Kampung Kunir, yang digusur pada 2015 saat Gubernur DKI Jakarta dijabat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Sabtu, 10 September 2022, Kampung Susun Kunir secara resmi dipergunakan," kata Anies di Tamansari.

Anies menyebut Kampung Susun Kunir memiliki keunikan dibanding rusun lainnya. Dia mengatakan kampung susun ini dibangun di kawasan Kota Tua yang penuh sejarah.

"Kawasan peninggalan sejarah, heritage, memiliki keunikan karena proses pembangunannya mempertimbangkan warisan sosial, budaya, ekonomi, kultural masa lalu yang dibawa ke masa kini. Jadi tidak ada perumahan susun lain yang di dalamnya ada museum," ujar dia.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT