ADVERTISEMENT

Dugaan Kebocoran Data, BSSN Koordinasi dengan Setneg-Siber Polri

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2022 17:39 WIB
BSSN
Ilustrasi (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan pihaknya telah melakukan penelusuran terkait dugaan kebocoran data pada penyelenggara sistem elektronik (PSE) di kementerian dan lembaga. BSSN saat ini telah berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara terkait dugaan kebocoran data itu.

"BSSN telah melakukan koordinasi dengan setiap PSE yang diduga mengalami insiden kebocoran data, termasuk dengan PSE di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara," kata juru bicara BSSN Ariandi Putra dalam keterangannya, Sabtu (10/9/2022).

Ariandi mengatakan saat ini BSSN tengah melakukan upaya mitigasi cepat untuk memperkuat sistem keamanan siber. Hal itu, kata Ariandi, sebagai langkah untuk mencegah risiko yang lebih besar.

"BSSN bersama PSE terkait telah dan sedang melakukan upaya-upaya mitigasi cepat untuk memperkuat sistem keamanan siber guna mencegah risiko yang lebih besar pada beberapa PSE tersebut," jelasnya.

Selain itu, Ariandi menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Polri mengenai dugaan kebocoran data ini untuk langkah hukum lebih lanjut.

"BSSN juga telah melakukan koordinasi dengan penegak hukum, antara lain dengan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk mengambil langkah-langkah penegakan hukum," jelasnya.

Lebih lanjut Ariandi menegaskan keamanan siber merupakan tanggung jawab bersama. Dia mengatakan BSSN akan memberikan dukungan teknis untuk memastikan keamanan data.

"BSSN memberikan dukungan teknis dan meminta seluruh PSE memastikan keamanan sistem elektronik di lingkungan masing-masing sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik yang menyatakan bahwa 'Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya'," jelasnya.

Simak video 'Soal Kasus Kebocoran Data, Kominfo: Semua Serangan Siber Domain Teknis BSSN':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT