Tentang Gelar Kesatria yang Diterima SBY-Ronald Reagen dari Ratu Elizabeth

ADVERTISEMENT

Tentang Gelar Kesatria yang Diterima SBY-Ronald Reagen dari Ratu Elizabeth

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2022 15:36 WIB
Britains Queen Elizabeth II (R) toasts Indonesian President Susilo Bambang Yudhoyono (L) during a state banquet in his honour at Buckingham Palace in London on October 31, 2012. Yudhoyono was welcomed by Britains Queen Elizabeth II at the start of a state visit aimed at impressing the emerging Asian power with pomp and pageantry.  AFP PHOTO / POOL / STEVE PARSONS (Photo by Steve Parsons / POOL / AFP)
SBY dan Ratu Elizabeth (Foto: AFP/STEVE PARSONS/detikcom)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapatkan gelar kesatria atau Knight Grand Cross in The Order of Bath dari Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Inggris pada 2012. SBY pun kembali mengenang gelar yang diterimanya itu kala menyampaikan duka atas mangkatnya Ratu Elizabeth.

"Saya mendapatkan kehormatan menerima gelar Knight Grand Cross in the Order of Bath (GCB) dari Queen Elizabeth II di Buckingham Palace," tulis SBY dalam unggahan di akun Twitternya, Sabtu (10/9/2022).

Tentang Knight Grand Cross in The Order of Bath

Informasi soal sejarah gelar itu tertera pada resmi kerajaan Inggris royal.gov.uk. Selain SBY, pemimpin asing yang pernah menerima penghargaan tersebut antara lain mantan Presiden AS Ronald Reagen, mantan Presiden Prancis Jaques Chirac, dan mantan Presiden Turki Abdullah Gul.

Informasi dalam situs tersebut menyebutkan, gelar the order of bath pada awalnya diberikan kepada para tentara dan beberapa masyarakat sipil. Penerima gelarnya selalu pria.

Pada 1971, ada seorang wanita yang diberi penghargaan tersebut untuk pertama kalinya.

Susunan pemberi gelar terdiri dari pemangku kedaulatan (ratu), seorang Great Master (Pangeran dari Wales), dan tiga anggota dari kelas berbeda.

Gelar 'Bath' sebetulnya berasal dari ritual mandi atau membersihkan diri, terinspirasi dari mandi dalam proses pembaptisan. Hal ini adalah simbol dari upaya penyucian diri, sebuah proses persiapan seorang ksatria Inggris sebelum bertugas.

Penghargaan ini tak akan diberikan sebelum para kandidat sudah mempersiapkan diri dengan berbagai ritual, seperti puasa, berdoa, dan membersihkan dirinya dengan mandi.

Mengenai seremoni mandi untuk menciptakan seorang kesatria tercatat dilakukan oleh Raja William I. Kala itu dia memandikan bocah 15 tahun bernama Geoffrey Count of Anjou pada 1128, yang belakangan menjadi kesatria.

Simak juga video 'Prosesi Pengukuhan Charles Jadi Raja Inggris Dilakukan Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT