ADVERTISEMENT

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Tewaskan Lansia di Tol Jelambar

Silvia Ng - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2022 11:28 WIB
Kecelakaan melibatkan dua kendaraan terjadi di Tol Dalam Kota Km 16 arah Pluit yang ada di wilayah Jelambar, Jakarta Barat (Jakbar).  (Twitter @TMCPoldaMetro)
Kecelakaan melibatkan dua kendaraan terjadi di Tol Dalam Kota Km 16 arah Pluit yang ada di wilayah Jelambar, Jakarta Barat (Jakbar). (Twitter @TMCPoldaMetro)
Jakarta -

Kecelakaan yang melibatkan dua mobil di Tol Jelambar arah Angke menyebabkan satu korban tewas setelah terjatuh ke Kali Grogol, Jakarta Barat. Polisi mengatakan saat itu kendaraan Xenia melaju dengan 80 Km/jam.

"Kurang lebih 80 Km/jam," kata Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Barat AKP Hartono saat dihubungi detikcom, Sabtu (10/9/2022).

Hartono mengatakan, dari penyelidikan, awalnya pihaknya menemukan pengendara mobil Xenia inisial MA tidak melakukan pengereman. Hal itulah yang membuat mobil Xenia itu menabrak bagian belakang kendaraan Suzuki Baleno yang sedang menepi di bahu jalan.

"Ukuran segitu ya sedanglah, tapi dia (MA) tidak melakukan pengereman secara tepat," ungkap Hartono.

Pengemudi mobil Baleno yang berada di bibir pagar tol diketahui terjungkal jatuh ke Kali Grogol. Korban inisial RW itu sempat dikabarkan hilang.

"Ya (terjatuh), karena kan berada di bibir pagar, terus ada benturan seperti itu. Ya orang tua juga kan, umur 64, kan nggak muda lagi, kaget, terjungkal," jelas dia.

Korban Ditemukan Tewas

RW (64), korban kecelakaan mobil di Tol Jelambar Km 16, sempat dinyatakan hilang setelah terjatuh dari atas ruas jalan tol Ke kali Grogol, Jakarta Barat (Jakbar). Tim search and rescue (SAR) telah menyisir Kali Grogol hingga akhirnya menemukan RW dalam kondisi tewas.

"Tim SAR gabungan temukan korban akibat kecelakaan mobil yang terjadi di Pintu Tol Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat," kata Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli dalam keterangannya, Sabtu (10/9/2022).

Fazzli mengatakan pencarian korban kecelakaan mobil di tol tersebut dilakukan dengan menggunakan Aqua Eye dan Underwater Searching Device di sekitar lokasi kejadian semalam. Namun hingga dini hari tadi hasilnya nihil.

"Pencarian terhadap korban kemudian dilanjutkan pada Sabtu (10/9) pagi tadi oleh unsur SAR gabungan, dengan membagi area menjadi dua. Tim pertama menyisir aliran Kali Grogol menggunakan perahu karet hingga radius 3 kilometer dari lokasi kejadian," terang Fazzli.

"Kemudian tim kedua melakukan penyisiran melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual hingga radius 3 kilometer dari lokasi kejadian," sambungnya.

Fazzli mengatakan korban ditemukan pada radius 100 meter dari lokasi kejadian pagi ini.

"Jasad korban akhirnya kita temukan pagi ini, kemudian akan dievakuasi menuju RSCM untuk proses selanjutnya dari pihak terkait," tuturnya.

Simak video 'Ringseknya Kendaraan Terlibat Kecelakaan Maut di Tol Batang':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/ygs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT