Berkas Lengkap, Eks Walkot Ambon Segera Disidang Terkait Kasus Suap

ADVERTISEMENT

Berkas Lengkap, Eks Walkot Ambon Segera Disidang Terkait Kasus Suap

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 13:55 WIB
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy
Mantan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (Foto: dok. Istimewa Pemkot Ambon)
Jakarta -

KPK telah melengkapi berkas perkara mantan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy. Richard bakal segera disidangkan dalam perkara suap izin pembangunan gerai retail tahun 2020 di Kota Ambon.

"Hari ini telah selesai dilaksanakan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) dengan tersangka Richard Louhenapessy dan kawan-kawan dari tim penyidik pada tim jaksa karena seluruh isi berkas perkara dinyatakan lengkap," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Ali menjelaskan Richard dan kawan-kawan juga bakal ditahan selama 20 hari ke depan. Richard masih akan ditahan di rutan gedung Merah Putih KPK.

"Penahanan para tersangka masih berlanjut dan ditahan kembali oleh tim jaksa untuk waktu 20 hari ke depan sampai 28 September 2022," ucapnya.

Selain Richard, berkas perkara milik tersangka Andrew Erin Hehanussa selaku staf tata usaha pimpinan Pemkot Ambon juga telah dilengkapi. Dia bakal melanjutkan penahanan di rutan KPK pada Kaveling C1.

Ali menyebutkan pelimpahan berkas dan dakwaan bakal segera dilakukan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Pelimpahan berkas perkara dan dakwaan segera dilakukan dalam waktu 14 hari kerja ke Pengadilan Tipikor," ujarnya.

Duduk Perkara Kasus Eks Walkot Ambon

Dalam perkara ini, Richard Louhenapessy telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap persetujuan izin pembangunan gerai minimarket di Ambon. Selain Richard, KPK menetapkan AEH selaku staf Tata Usaha Pemkot Ambon dan AR selaku pihak swasta karyawan minimarket AM di Kota Ambon.

Simak Video 'KPK Tahan Karyawan Minimarket Terkait Suap ke Eks Walkot Ambon':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT