ADVERTISEMENT

Dukung Ketahanan Pangan, TNI AL Tanam Sorgum di Lahan 796 Ribu Hektare

Muchamad Sholihin - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 13:52 WIB
TNI AL dan Kementan tanam sorgum
TNI AL dan Kementan tanam sorgum (Foto: Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

TNI Angkatan Laut (AL) bersama Kementerian Pertanian melakukan penanaman sorgum secara serentak di 77 titik lahan milik TNI AL di Indonesia. Penanaman sorgum dilakukan sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi.

"Seremonial ini dilakukan dalam rangka HUT ke-77 TNI AL. Hari ini kita menanam sorgum secara serentak di seluruh satuan tani di Indonesia di sebanyak 77 titik, oleh lantamal-lantamal, lanal-lanal dan seluruh jajaran TNI AL," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono di Cariu, Bogor, Jumat (9/9/2022).

Secara keseluruhan, jutaan bibit sorgum itu ditanam di 796 ribu hektare lahan milik TNI AL yang ada di seluruh pelosok Indonesia.

"Adapun lahan yang kita siapkan 796 ribu hektare, saya yakin akan laksanakan secara serentak. Untuk bibit kami mendapatkan dari Kementerian Pertanian," kata Ahmadi.

Ahmadi menyebut, sorgum dipilih karena sorgum merupakan tanaman alternatif untuk memenuhi kebutuhan makan selain padi dan gandum. Tanaman ini juga disebut tanaman yang tahan terhadap cuaca ekstrim dan minim air.

"Kenapa sorgum, saya mendapatkan masukan bahwa sorgum ini merupakan pengganti gandum, di mana sorgum ini tahan air, bandel dan tahan cuaca. Kemudian sorgum ini adalah tanaman sehat, artinya sorgum ini produknya gula rendah dan tidak banyak mengandung kolesterol," sebutnya.

"Dengan tempat ini saya harap sorgum ini terus tersosialisasikan sehingga masyarakat punya alternatif lain. Untuk mengkonsumsi makanan disamping makanan yang setiap hari kita makan, seperti padi tentunya, gandum tentunya," tambahnya.

TNI AL dan Kementan tanam sorgumTNI AL dan Kementan tanam sorgum (Foto: Muchamad Sholihin/detikcom)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT