Analisis BMKG soal Gempa M 5,3 Guncang Gunungkidul DIY

ADVERTISEMENT

Analisis BMKG soal Gempa M 5,3 Guncang Gunungkidul DIY

Indra Komara - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 15:03 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9
Jakarta -

Gempa M 5,3 mengguncang Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siang ini. BMKG mengungkap penyebabnya.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, Kamis (8/9/2022), gempa menunjukkan parameter update menjadi M 5,2. Titik koordinat gempa berada di 10,55 derajat LS dan 109,64 derajat BT atau tepat di laut jarak 246 km arah selatan Kota Wates, DIY, dengan kedalaman gempa 9 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi kerak bumi di zona outer rise. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," ujar Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Gempa ini dirasakan di Galur, Kulon Progo, Srandakan, dan Wates. Gempa juga tidak menimbulkan potensi tsunami.

Daryono mengimbau warga tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," ujar Daryono.

Simak video 'Gempa M 5,6 Guncang Bengkulu':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT