Track Record Jelas Bikin Jokowi Pilih Azwar Anas

ADVERTISEMENT

Track Record Jelas Bikin Jokowi Pilih Azwar Anas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 21:07 WIB
Jakarta -

Abdullah Azwar Anas dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Jokowi memilih Azwar Anas karena memiliki rekam jejak atau track record yang jelas.

Pelantikan Azwar Anas digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan juga melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/9/2022). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'. Megawati Soekarnoputri hadir dalam pelantikan MenPAN-RB Azwar Anas

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan Azwar Anas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Azwar Anas akan melanjutkan tugas Tjahjo Kumolo menjadi MenPAN-RB. Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada awal Juli lalu.

Sebelum Azwar dilantik, Mendagri Tito Karnavian kemudian ditunjuk menjadi MenPAN-RB Ad Interim. Setelah status ad interim berakhir, Presiden Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Plt MenPAN-RB. Masa jabatan Plt MenPAN-RB itu berlangsung sampai pejabat definitif dilantik.

Rekam Jejak Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas kini telah resmi menjabat MenPAN-RB bagian dari daftar menteri Jokowi 2022 terbaru. Azwar Anas sebelumnya menjabat Kepala LKPP sejak Januari 2022.

Sebelum di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi selama dua periode (21 Oktober 2010-17 Februari 2021).

Berikut ini riwayat pendidikan yang ditempuh Azwar Anas, yakni:

Pada tahun 1992-1998 Azwar Anas menempuh pendidikan S1 IKIP Jakarta Fakultas Pendidikan
Pada tahun 1994-1999 dia juga menempuh pendidikan S1 di universitas Indonesia Fakultas Sastra
Pada tahun 2002-2005 dia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Sementara perjalanan karir Azwar Anas dalam dunia politik, yaitu:

Pada tahun 1997-1999 Azwar Anas tercatat pernah menjadi anggota MPR
Pada tahun 2004-2009 dia kemudian menjadi anggota DPR
Pada tahun 2010-2021 Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode
Pada September 2022 Azwar Anas dilantik Presiden Jokowi menjadi MenPAN-RB baru.

Selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT