PDIP Ungkap Alasan Azwar Anas Dipilih Jokowi Jadi MenPAN-RB

ADVERTISEMENT

PDIP Ungkap Alasan Azwar Anas Dipilih Jokowi Jadi MenPAN-RB

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 14:54 WIB
Siapa MenPAN-RB Sekarang? Ini Profil Abdullah Azwar Anas
MenPAN-RB Azwar Anas (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Abdullah Azwar Anas resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri PAN-RB menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo. Ketua Bapillu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul mengungkap alasan Azwar Anas jadi Menteri PAN-RB.

Bambang Pacul mengatakan Azwar Anas memiliki track record yang baik. Dia meyakini Azwar Anas dapat menyesuaikan pekerjaan dengan kemampuannya.

"Oh ya pasti mampu. Ini kan soal track record, pasti mampu. Apa ya. Kalau soal kemampuan itu gampang dilihat dari track record-nya. Itu adalah kemampuan menyesuaikan diri dan kecerdasan," kata Bambang Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Lebih lanjut, Bambang Pacul tidak paham dengan alasan Azwar Anas yang ditunjuk sebagai Menteri PAN-RB. Hal itu kewenangan ketua umum Megawati Soekarnoputri.

Tapi dia yakin Azwar Anas mampu mengembang tugas karena memiliki catatan baik saat menjadi Bupati Banyuwangi.

"Lah kita mau ngomong apa. Tentu ada argumentasinya. Dan argumentasinya kami tidak tahu. Tapi sebagai bupati kan dia punya catatan yang baik. Sebagai anggota DPR juga punya catatan yang baik track record-nya," ucapnya.

Untuk diketahui, Abdullah Azwar Anas resmi dilantik menjadi Menteri PAN-RB. Azwar Anas menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada awal Juli lalu.

Pelantikan Azwar Anas digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/9). Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hadir dalam pelantikan MenPAN-RB Azwar Anas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Setelah itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pembacaan sumpah jabatan Azwar Anas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Simak video 'Profil Azwar Anas, Eks Bupati Banyuwangi yang Akan Jadi MenPAN-RB':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT