Anies Target Bangun Panel Surya di 28 Rumah Sehat Jakarta Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Anies Target Bangun Panel Surya di 28 Rumah Sehat Jakarta Tahun Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 06 Sep 2022 12:45 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan pembangunan panel surya di 28 rumah sakit umum daerah (RSUD) di atau Rumah Sehat untuk Jakarta. Anies menyebut program pemasangan atap solar itu masuk ke dalam APBD DKI tahun ini.

"Sudah. Bahkan sudah ada (anggaran). Terkait rumah sakit ini ada 28 RS yang nanti akan menjadi fokus RSUD kita," kata Anies setelah menghadiri acara di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022).

Hal ini disampaikan Anies dalam acara Peluncuran Bersama Program Climate Action Implementation (CAI), Proyek Cities Finance Facility (CFF), Hospitals Improvement for Just and Green Recovery (HIGJR).

Anies menuturkan saat ini 124 panel surya telah terpasang di bangunan rumah sakit hingga sekolah di Jakarta. Ratusan panel surya itu, kata dia, telah menghasilkan 11 megawatt listrik.

"Jumlah solar panel, ini totalnya 124 rooftop solar project yang sudah menghasilkan 11 megawatt," jelasnya.

Anies menyampaikan program ini bertujuan mengurangi penggunaan energi fosil melalui pemanfaatan tenaga surya untuk pembangkit listrik. Di samping itu, upaya ini diiringi dengan mengubah sistem pengelolaan air hingga pengelolaan limbah rumah sehat yang lebih ramah lingkungan.

"Lewat project ini, di Jakarta kita akan memfokuskan pertama ini pada rumah sakit nih, namanya hospital improvements go green and just recovery. Jadi tujuannya adalah membuat fasilitas-fasilitas rumah sakit kita menjadi lebih ramah lingkungan rumah sakit adalah salah satu fasilitas yang bekerja 24 jam dia menyerap energi begitu banyak dan mengeluarkan limbah juga cukup banyak," ujarnya.

"Pengelolaannya dari mulai konsumsi energinya sampai limbahnya itu akan kita lakukan transformasi supaya sustainable sumber energinya, kemudian manajemen waste-nya dan lain-lain," sambungnya.

Simak juga 'KPK Panggil Anies Baswedan Terkait Formula E Besok, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT