Bawa Kabur 7 Mobil Rental, Ibu-ibu di Jakbar Ditangkap Polisi

ADVERTISEMENT

Bawa Kabur 7 Mobil Rental, Ibu-ibu di Jakbar Ditangkap Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 21:37 WIB
Ilustrasi Pencurian Mobil
Ilustrasi pencurian (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial IS ditangkap oleh jajaran Unit Reskrim Polsek Kalideres. IS ditangkap atas kasus penggelapan mobil rental.

"Tersangka berinisial IS berhasil membawa kabur sebanyak 7 mobil rental," kata Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar dalam keterangan kepada wartawan, Senin (5/9/2022).

Syafri mengatakan kasus ini berawal dari adanya laporan masyarakat yang merasa dirugikan oleh korban. Total, ada 10 orang yang mobilnya dilarikan oleh IS.

"Setelah menyewa mobil tersebut bukannya dikembalikan melainkan oleh pelaku dibawa kabur," terang Syafri.

Menurut Syafri, korban awalnya melakukan penyewaan ke sejumlah rental mobil. Sewa rental mobil itu ada yang harian hingga mingguan.

Namun, usai mobil berpindah tangan, pelaku justru tidak mengembalikan mobil tersebut sesuai dengan batas peminjaman.

"Sasaran pelaku adalah orang yang sudah dikenalinya oleh pelaku sehingga dapat dengan mempermudah memperdayai korban," katanya.

Tujuh mobil yang dibawa kabur pelaku lalu dijual secara diam-diam. Beberapa mobil juga digunakan pelaku sebagai bahan penggadaian.

"Hasil dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan ada juga yang disimpan lalu dipergunakan untuk melakukan tindak kejahatan dengan mencari sasaran korban lainnya," tutur Syafri.

Pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polsek Kalideres. Dia dijerat dengan Pasal 378 dan 372 KUHP soal penipuan.

Syafri mengatakan pihaknya masih melakukan pengembangan terkait kasus tersebut. Pihaknya pun meminta warga yang pernah menjadi korban penipuan serupa untuk melapor ke polsek.

"Bagi yang merasa kehilangan untuk segera mendatangi dan membawa kelengkapan administrasinya," pungkas Syafri.

(ygs/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT