Harga BBM Naik, Menhub Segera Umumkan Penyesuaian Tarif Ojek Online

ADVERTISEMENT

Harga BBM Naik, Menhub Segera Umumkan Penyesuaian Tarif Ojek Online

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 20:37 WIB
Ojek online kini menjadi mata pencaharian atau pekerjaan bagi para drivernya, berjaket hijau dan helm khas para driver siap mengantar para penumpang.
Ilustrasi ojek online (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan kenaikan harga BBM. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan langkah-langkah yang dilakukan Kemenhub untuk menangani dampak kenaikan harga BBM bagi sektor transportasi.

Budi menyebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga, termasuk dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan. Menurut Budi, pihaknya juga mendengarkan saran dan masukan dari berbagai pihak.

"Komponen bahan bakar menjadi komponen yang cukup besar pada operasional layanan transportasi, yaitu berkisar antara 11 hingga 40 persen, sehingga berbagai penyesuaian pun harus kami lakukan. Di sisi lain, kami juga sangat menyadari dampak penyesuaian harga BBM terhadap angka inflasi," kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Beberapa langkah yang dilakukan Kemenhub adalah melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi darat. Kajian yang akan dilakukan terkait tarif penumpang ekonomi angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

"Besaran tarif akan ditentukan oleh kajian yang tengah kami lakukan dan hasilnya akan kami sampaikan dalam waktu dekat," ujar Budi.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah akan segera menetapkan penyesuaian tarif ojek online.

"Untuk penyesuaian tarif ojek online (ojol) akan kami umumkan dalam dua hari ke depan, dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM," ucapnya.

Agar penerapannya dapat berjalan dengan baik, Budi telah meminta Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub mengintensifkan komunikasi dengan mitra pengemudi ojol dan pihak aplikator.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT