Diplomasi Prabowo Bawa Roosevelt dkk Sekolah di Akmil Amerika

ADVERTISEMENT

Diplomasi Prabowo Bawa Roosevelt dkk Sekolah di Akmil Amerika

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 04 Sep 2022 21:56 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersama tiga taruna (dok. Tim Media Prabowo Subianto)
Foto: Menhan Prabowo Subianto bersama tiga taruna (dok. Tim Media Prabowo Subianto)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sempat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan sejumlah diplomasi. Hasilnya, Indonesia bisa mengirim taruna pendidikan kedinasan Akademi Militer (Akmil) untuk menjalani pendidikan dan pelatihan di tiga akmil bergengsi di Amerika Serikat (AS) sekaligus

Tiga akademi tersebut adalah Akmil AS atau The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, keberangkatan para taruna Indonesia ke tiga akmil bergengsi ini adalah hasil dari diplomasi pertahanan yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo pada Oktober 2020. Saat itu, Prabowo meminta US Secretary of Defense/Menhan AS saat itu Mark T Esper agar taruna Indonesia diberi kesempatan untuk menjalani pendidikan dan pelatihan di tiga akmil tersebut.

"Ini pertama kalinya taruna Indonesia raih beasiswa mengikuti pendidikan di tiga Akademi Militer unggulan AS sekaligus. Kalian membanggakan," kata Prabowo, Minggu (4/9/2022).

Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT