Peringkat 4 Se-Jateng, SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo Punya Beragam Keunggulan

ADVERTISEMENT

Peringkat 4 Se-Jateng, SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo Punya Beragam Keunggulan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 15:55 WIB
SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo
SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo Foto: dok ist
Jakarta -

SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo masuk peringkat 68 besar SMA terbaik Nasional dan peringkat 4 se-Jawa Tengah berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Jumlah skor yang mereka peroleh sebanyak 587.175 berdasarkan situs top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id.

Sekolah tersebut baru tahun ini turut serta dalam pemeringkatan LTMPT, sebab salah satu syaratnya adalah minimal telah meluluskan dua angkatan dan SMA Unggulan CTARSA baru dua tahun ini meluluskan siswanya.

SMA Unggulan CT Arsa mengantongi akreditasi A dengan nilai 93 pada 21 Oktober 2019. Total peserta didik pada 2022 adalah 362 siswa. SMA ini telah meluluskan dua angkatan, sebanyak 158 siswa pada 2021 dan 180 siswa pada 2022.

SMA Unggulan CTARSA SukoharjoSMA Unggulan CTARSA Sukoharjo Foto: dok ist

Prestasi yang baik tersebut juga disertai dengan masuknya lulusan SMA Unggulan CT-ARSA Sukoharjo ke sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN), baik melalui jalur rapor atau SNMPTN, maupun UTBK atau SBMPTN.

Sebanyak 90 persen lulusan SMA Unggulan CTARSA Foundation masuk Perguruan Tinggi Negeri, di antaranya ITB, UI, UGM, ITB, Undip, dan UNS.

SMA Unggulan CTARSA SukoharjoSMA Unggulan CTARSA Sukoharjo Foto: dok ist

Prestasi ini diraih berkat kurikulum pendidikan yang telah disesuaikan dengan UTBK, sehingga siswa lebih siap dalam menghadapi UTBK. Selain itu, beberapa program SMA Unggulan CT-ARSA berhasil mendukung kegiatan belajar siswa di luar jam pelajaran.

SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo pertama kali didirikan pada 2018 oleh Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari Tanjung.

Misi yang dibawa adalah memutus mata rantai kemiskinan dengan memberikan pendidikan berkualitas. Pendidikan dipilih karena alat strategis dalam merebut masa depan lebih baik.

Siswa diberikan fasilitas pendidikan dan asrama gratis 100% mulai dari buku, peralatan sekolah, seragam, fasilitas asrama, dan kebutuhan sehari-hari.

Fasilitas penunjang pendidikan lainnya yang ditawarkan pada satuan pendidikan adalah 24 ruang kelas, laboratorium meliputi fisika, kimia, biologi, dan bahasa.

SMA Unggulan CTARSA SukoharjoSMA Unggulan CTARSA Sukoharjo Foto: dok ist

Ditambah dua laboratorium komputer, kantor, perpustakaan, masjid, asrama putra dan putri kapasitas 600 orang, gedung serba guna untuk kegiatan siswa, ruang workshop, serta lapangan olahraga.

Program unggulan adalah sekolah asrama dengan dua kurikulum, yaitu kurikulum umum dan kurikulum asrama. Kurikulum asrama membentuk akhlak karimah dengan mengaji, hafalan Al-Qur'an, dan beribadah.

Menjadi siswa di SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo harus memenuhi berbagai persyaratan.

Proses perekrutan siswa dimulai dari sosialisasi yang dilakukan oleh sekolah pada masyarakat. Setelah proses sosialisasi, tahapan selanjutnya seleksi administrasi menggunakan nilai rapor semester satu sampai empat, serta lampiran surat keterangan tidak mampu. Prestasi siswa selama SMP juga dapat menjadi pertimbangan penambahan poin.

Jika calon peserta didik dinyatakan lolos seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah tes tulis terdiri dari tes potensi akademik (TPA) dan psikotes.

Siswa yang dinyatakan lolos tahap tulis akan dilanjutkan ke tahap akhir yaitu survei, berupa verifikasi dan validasi keadaan siswa dengan home visit untuk memvalidasi bahwa siswa benar-benar berasal dari keluarga tidak mampu.

Setelah semua tahapan tes lolos, siswa akan dicek kesehatan untuk menghindari penyakit menular karena akan tinggal di asrama selama menjalani pendidikan tiga tahun.

Tahun ajaran mendatang SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo membuka pendaftaran mulai September 2022 hingga Januari 2023 dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Lulusan SMP/MTs tahun 2023 atau 2022;
2. Beragama Islam;
3. Berasal dari keluarga tidak mampu dengan menunjukkan kepemilikan KIP, KIS, atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM);
4. Berprestasi secara akademik dan non akademik;
5. Sehat jasmani dan rohani;
6. Bersedia tinggal di asrama dan menaati peraturan asrama;
7. Peserta didik yang memiliki bakat dan prestasi dalam bidang seni budaya, olahraga, dan hafalan Alquran akan menjadi bahan pertimbangan.

Sudah siapkah manjadi agen perubahan bangsa dari SMA Unggulan CTARSA Sukoharjo?

(hri/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT