Cerita Pedagang Balik ke Pasar Senen saat Diberitahu Ada Kios Terbakar

ADVERTISEMENT

Cerita Pedagang Balik ke Pasar Senen saat Diberitahu Ada Kios Terbakar

Adrial Akbar - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 13:04 WIB
Pedagang Pasar Senen bernama Tio
Foto: Pedagang Pasar Senen bernama Tio (Adrial/detik)
Jakarta -

Kebakaran melanda Pasar Senen, Jakarta Pusat semalam. Titik kebakaran terjadi Blok 6 lantai dua salah satu ruko.

Seorang pedagang tas yang juga berjualan di lantai dua bernama Tio Pilus Ginting mengaku kiosnya terdampak akibat kebakaran tersebut. Tio yang saat kebakaran sudah pulang ke rumah, kembali lagi ke Pasar Senen untuk mengecek kios miliknya setelah mendapat kabar kebakaran.

"Seperti biasa saya yang terakhir di sini, situasinya toko saya sebelah sana, saya di sini sering ngeball. Nah Saya pulang sekitar jam 19.00 WIB sebelumnya saya pulang jam 9 malam, ini kami pulang cepat jam 7 (malam) sampai rumah. Setengah 8 (malam) kita beres-beresin ini, jam 8 (malam) kita lanjut makan lalu ada kabar dari pusat pasar mengatakan kejadian kebakaran jam 20.20 WIB," kata Tio saat ditemui di lokasi, Jumat (2/9/2022).

Saat tiba di lokasi, Tio mengatakan asap sudah membumbung tinggi. Tio kemudian naik ke lantai dua untuk menyelamatkan barang dagangannya.

"Dalam perjalanan menuju ke sini kita mengabarkan situasi sudah kebakaran, asap sudah di mana-mana. Kita masuk lalu kita mencoba menyelamatkan barang-barang kita," ujarnya.

Sejumlah kios di lantai 2 Pasar Senen Blok 6 terbakar. Garis polisi dipasang di sekitar lokasi. (Adrial Akbar/detikcom) Foto: Sejumlah kios di lantai 2 Pasar Senen Blok 6 terbakar. Garis polisi dipasang di sekitar lokasi. (Adrial Akbar/detikcom)

Tio menyampaikan saat kebakaran terjadi, kondisi di lantai dua sudah sepi. Dia menyebut para pedagang sudah pulang saat itu.

"Seperti biasa itu jam 20.20 WIB udah pada sepi semua, pedagang-pedagang udah pada pulang kita emang jam segitu udah pada pulang," jelasnya.

Tio menduga kebakaran akibat korsleting, sebab instalasi listrik di sana kurang baik. Dia berharap ke depan ada perbaikan instalasi listrik yang lebih modern.

"Dugaan sementara itu korsleting listrik dugaan sementara yang kita ketahui. Menurut kejadian terdahulu Pasar Senen udah terbiasa sering kebakaran, karena ini masih pasar lama, ini juga penampungan (bekas) kebakaran yang terdahulu yang tahun sebelumnya. Jadi ini menurut saya perlu pembaruan yang lebih modern lagi yang airnya bisa keluar," ucapnya.

Beruntungnya kios tempat Tio berdagang hanya terdampak abu dan air bekas pemadaman. Tio juga masih berdagang seperti biasa.

"Kita kan sudah lama di sini, mau tidak mau kita tetap berdagang. Toko saya sendiri terdampak, kena asap kena debu," imbuhnya.

Simak juga 'Saat Kebakaran Rumah di Duren Sawit Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT