Pemprov DKI Bakal Bangun Rusun di Kepulauan Seribu Pada 2024

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Bakal Bangun Rusun di Kepulauan Seribu Pada 2024

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 11:51 WIB
Sejumlah warga Jatinegara yang tinggal di bantaran kali Ciliwung mulai pindah ke Rusun Jatinegara Barat, Jakarta, Selasa (16/06/2015). Pemprov DKI Jakarta menyediakan 390 unit Rusun Jatinegara Barat untuk relokasi warga yang terkena relokasi dibantaran kali Ciliwung di daerah Jatinegara. Rusun ini untuk relokasi warga dari Kampung Pulo dan Gang Anwar yang biasanya terendam banjir. Grandyos Zafna/detikcom.
Foto: Ilustrasi rusun di Jatinegara (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berencana membangun rumah susun atau rusun di Kepulauan Seribu. Sejauh ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi kajian pembangunan rumah susun di lokasi tersebut.

Kepala Bidang Perumahan, DPRKP DKI Jakarta, Suharyati mengatakan, sosialisasi ini menindaklanjuti kegiatan tahun lalu ada pekerjaan Community Action Plan (CAP), yang dilakukan Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kepulauan Seribu, di mana ada usulan dari masyarakat rencana pembangunan rumah susun.

"Tahun ini kita lakukan kajian di Pulau Panggang dan Pulau Kelapa terkait lokasi mana yang memang layak untuk dibangun rumah susun," kata Suharyati dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9/2022).

Suharyati menambahkan, dua pulau tersebut merupakan pulau yang kepadatan penduduknya banyak. Jadi memang diprioritaskan di dua pulau ini untuk pembangunan rumah susun.

"Dari hasil kajian ada dua pulau yang memang layak dibangun rumah susun, di antaranya Pulau Heksagon di Pulau Panggang dan Pulau Panjang di Pulau Kelapa," ujarnya.

Suharyati menambahkan, rumah susun ini nantinya dibangun empat lantai dengan kapasitas 216 unit kamar. Pada tahun 2023 akan dilakukan perencanaan atau Detail Engineering Design (DED), sementara untuk pembangunannya sendiri dimulai pada tahun 2024.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kepulauan Seribu, Iwan Samosir mengatakan, pembangunan rumah susun ini sangat diharapkan warga dan bisa mengatasi pemukiman padat penduduk di dua pulau.

"Harapan kita pembangunan rumah susun ini bisa terwujud dan hasilnya dapat bermanfaat untuk warga Panggang dan Pulau Kelapa," ujarnya.

Simak juga 'Tito Sebut 6 Calon PJ Gubernur DKI Pengganti Anies: 3 DPRD, 3 Kemendagri':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT