4 Cara Mudah Merawat Sofa Beludru Agar Awet

ADVERTISEMENT

4 Cara Mudah Merawat Sofa Beludru Agar Awet

Sukma Nur - detikNews
Selasa, 30 Agu 2022 12:07 WIB
Ace Hardware
Foto: Ace Hardware
Jakarta -

Model sofa beludru semakin disukai banyak orang karena punya desain yang elegan, mewah, dan permukaan lembut. Selain itu, sofa beludru juga lebih tahan lama karena tidak memiliki tekstur jahitan yang longgar seperti bahan lainnya.

Meskipun demikian, kita tetap perlu menjaga kualitas dari bahan beludru dengan rutin melakukan perawatan sendiri di rumah, seperti berikut.

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Sofa bahan beludru perlu dibersihkan menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu, setidaknya satu minggu sekali. Soalnya, debu dan kotoran yang menempel di permukaan bisa meninggalkan bau yang apek.

Cara menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sofa cukup mudah. Kamu hanya perlu menyedot kotoran dan debu permukaan sofa dari bagian sandaran, tangan, hingga ke tempat duduknya secara bergantian.

2. Hilangkan Lipatan dengan Steamer

Biasanya, sofa bahan beludru bisa meninggalkan bekas kerutan jika kita duduki dalam waktu lama. Nah, kerutan harus segera dihilangkan dengan menggunakan steamer, yakni alat penghilang lipatan di permukaan kain yang menggunakan teknologi suhu uap tinggi.

Nyalakan steamer di pengaturan panas yang rendah untuk menghindari adanya kerusakan pada bahan. Lalu, gerakkan secara lembut ke arah yang berlawanan agar kerutan bisa hilang sepenuhnya.

3. Bersihkan Noda Secepatnya

Setiap kali sofa beludru terkena tumpahan atau cipratan air atau minyak, kita perlu membersihkan bagian yang terkena noda secepatnya. Soalnya, bahan beludru lebih mudah dibersihkan jika noda belum meresap ke kain bagian dasar.

Cukup bersihkan dengan mencampurkan deterjen khusus pembersih ke dalam mangkuk berisi air bersih dan celupkan kain microfiber. Lalu, usap bagian sofa dengan lembut agar tidak merusak bahan dan membuat noda masuk lebih dalam ke bagian serat.

4. Rutin Membersihkan Sofa

Buatlah jadwal rutin untuk membersihkan sofa beludru. Jadinya, sofa akan lebih nyaman digunakan. Selain itu, hindari untuk meletakkan sofa tepat di dekat jendela besar karena sinar matahari bisa membuat warna sofa mudah memudar.

Nah, itu dia beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat sofa beludru agar bisa awet saat digunakan. Berbagai model sofa, dari sofa bed hingga sofa recliner, bisa kamu temukan hanya melalui ruparupa.com.

Situs belanja online yang satu ini juga menyediakan berbagai perabot rumah tangga, alat elektronik, hingga perlengkapan untuk memelihara hewan peliharaan dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, Ataru, Krisbow, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT