Before-After Perbaikan JPO di Jl Margonda Depok yang Bolong

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After Perbaikan JPO di Jl Margonda Depok yang Bolong

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Agu 2022 11:36 WIB
Masalah JPO di Jl Margonda yang Bolong: TUNTAS
Foto: Luthfy Syahban/detikcom
Jakarta -

Jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jl Margonda, Depok, Jawa Barat yang sebelumnya bolong, diperbaiki. Dari laporan kerusakan hingga selesai pengerjaan, dibutuhkan waktu sekitar tujuh bulan.

Laporan soal bolongnya atap JPO dekat Apartemen Margonda Residence (Mares) pertama kali diberitakan detikcom pada 9 Februari 2022. Saat itu, beberapa atap sudah bolong dan sobek.

Pada 20 Mei 2022, detikcom mengunjungi kembali JPO. Jika sebelumnya masih ada sisa-sisa atap, saat itu bagian atap yang rusak telah terlepas.

JPO Jl Margonda Raya Depok bolong. Rabu (9/2/2022).JPO Jl Margonda Raya Depok bolong. Rabu (9/2/2022). Foto: Dwi Rahmawati

Pemerintah Kota Depok menggunakan pihak ketiga untuk memperbaiki kerusakan. Pada Jumat (26/8), dilaporkan perbaikan JPO sudah selesai. JPO sudah tidak lagi bolong, selain itu, ada perbaikan-perbaikan lain dikerjakan di JPO tersebut.

Berikut perbandingan sebelum dan setelah perbaikan, atau before and after perbaikan JPO.

Kondisi Atap

Before

detikcom mengunjungi lokasi pada Rabu, 9 Februari 2022. Terlihat dua bagian fiber atap rusak. Beberapa bagian atap tak menyatu. Sehingga, jika hujan, air bisa langsung membasahi JPO.

Sekitar 2 ruas atap ditutupi bahan fiber yang berbeda. Sisanya masih terlihat kokoh.

Salah seorang pejalan kaki, Kris, mengaku tak berani lewat JPO di dekat Apartemen Margonda Residence (Mares) itu kala hujan. Selain bakal kebasahan, lantai JPO jadi licin.

"Takut aja ini jatuh licin, karena hujan atap kan rusak. (Kalau) anak muda masih berani lewat. Kalau orang tua agak ngeri kepleset," paparnya saat ditemui detikcom di lokasi, Rabu (9/2).

JPO Jl Margonda Raya Depok bolong. Rabu (9/2/2022).JPO Jl Margonda Raya Depok bolong. Rabu (9/2/2022). Foto: Dwi Rahmawati

Kondisi atap JPO tidak segera diperbaiki. Pada Mei 2022, saat intensitas hujan deras di Depok tinggi, kondisi atap lebih rusak.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (20/5/2022) pukul 12.37 WIB, ada beberapa atap JPO tersebut yang sudah terlepas. Sebelumnya, pada bulan Februari 2022, masih terdapat atap, meski sudah sobek dan berlubang, menempel di lokasi.

Beberapa bagian atap sudah terlepas dan tersangkut di pagar JPO. Tidak diketahui kapan atap JPO itu terlepas.

Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022).Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022). Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom

After

Pemerintah Kota Depok rampung memperbaiki atap JPO yang bolong selama tujuh bulan. Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (26/8/2022) dua ruas atap yang sebelumnya bolong sudah tertutup dengan yang baru. Bagian atap diganti keseluruhan dengan warna ungu yang lebih pekat. Lampu juga di pasang di beberapa titik JPO tersebut.

Bagian lantai JPO yang semula berwarna merah juga dicat ulang dengan hijau dan kuning. Pengecatan termasuk ke tiang-tiang besi penyangga untuk pemeliharaan.

Atap JPO di Margonda Depok yang sebelumnya bolong kini sudah diperbaiki.Atap JPO di Margonda Depok yang sebelumnya bolong kini sudah diperbaiki. Foto: Dwi Rahmawati/detikcom

Salah satu warga yang melintas, Rika (30) membenarkan perbaikan jembatan itu. Sekitar tiga bulan yang lalu, menurutnya atap JPO tersebut masih rusak.

"Sebulan lebih nggak lewat baru ini, atapnya sempat bocor. Ini benar sudah diperbaiki, tiga bulan yang lalu belum," papar Rika di lokasi.

Sementara, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Depok, Marbudi mengatakan perbaikan sejak satu minggu yang lalu. Bagian lain di JPO tersebut juga dilakukan pemeliharaan.

"Minggu kemarin kayaknya sudah diperbaiki, lampu semua, dicat ulang," papar Marbudi saat dihubungi detikcom.

Atap JPO di Margonda Depok yang sebelumnya bolong kini sudah diperbaiki.Atap JPO di Margonda Depok yang sebelumnya bolong kini sudah diperbaiki. Foto: Dwi Rahmawati/detikcom
(aik/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT