ADVERTISEMENT

Ngabalin Ungkap Jokowi Segera Umumkan MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

M Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 28 Agu 2022 23:55 WIB
Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin berbicara terkait isu reshuffle kabinet yang merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ngabalin mengingatkan reshuffle juga berkaitan dengan kekosongan kursi Menteri PAN-RB yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo.

"Reshuffle itu memang ini menjadi hak prerogatif presiden. Tetapi yang kedua jangan lupa, memang ada kursi yang kosong, kursi yang kosong itu karena ya ditinggal pergi oleh Almarhum Mas Tjahjo," kata Ngabalin kepada wartawan di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022).

Ngabalin optimis kekosongan kursi MenPAN-RB tersebut bakal diisi dalam waktu dekat. Dia memastikan Jokowi bakal mengumumkan MenPAN-RB pengganti Tjahjo dalam waktu dekat.

"Saya punya keyakinan akan diisi dalam waktu yang tidak terlalu lama sejalan dengan jadwal atau waktu yang tepat dari presiden dari reshuffle itu sendiri," ucap Ngabalin.

"Dan saya mau bilang kepada teman-teman bahwa agenda ini tidak lama dalam keyakinan saya, dan kebiasaan yang saya selalu melihat dari langkah-langkah Presiden Jokowi," sambungnya.

Peluang Olly Dondokambey Jadi MenPAN-RB

Ngabalin juga menyinggung soal kemungkinan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menjadi MenPAN-RB. Menurutnya, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

"Iya bisa saja (Olly Dondokambey jadi MenPAN-RB)," ujarnya.

Namun, dia kembali menegaskan soal wewenang Jokowi dalam mengangkat seseorang menjadi menteri di kabinetnya. Dia juga mengaitkan Olly yang merupakan kader PDIP layaknya Almarhum Tjahjo Kumolo.

"Yang pasti Presiden punya kewenangan untuk angkat siapa saja. Tapi kenapa orang bicarakan Pak Olly karena Pak Tjahjo dari PDIP, tapi mengangkat dan menempatkan siapa saja di situ hak prerogarif presiden," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT