Penampakan Merah Putih 1,7 Km yang Dikibarkan dari Istana ke Bundaran HI

ADVERTISEMENT

Penampakan Merah Putih 1,7 Km yang Dikibarkan dari Istana ke Bundaran HI

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 28 Agu 2022 09:09 WIB
Jakarta -

Kelompok lintas elemen menggelar kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter. Bendera Merah Putih raksasa itu dibentangkan dan dibawa dari Istana Negara hingga Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Bendera Merah Putih sepanjang 1,7 kilometer tersebut dibopong para peserta mulai dari depan Istana Merdeka mulai pukul 07.10 WIB, Minggu (28/8/2022). Kirab bendera tersebut finis di Bundaran HI.

Adapun para peserta terdiri dari berbagai elemen. Tampak sejumlah warga mengenakan pakaian adat. Bahkan, beberapa mahasiswa yang mengenakan jas almamater turut membopong bendera Merah Putih itu.

Antusiasme warga juga terlihat dalam acara kirab Merah Putih itu. Beberapa kelompok sempat menyanyikan lagu daerah hingga lagu nasional.

Kirab Merah Putih ini dilepas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Jokowi didampingi oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

"Bersama-sama dengan Kapolri bersama-sama dengan Bapak Habib Luthfi Bin Yahya dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari ini saya nyatakan kirab Merah Putih diberangkatkan, 3, 2, 1," ujar Jokowi sambil mengibarkan bendera putih di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022) sekitar pukul 07.10 WIB.

Acara ini juga diikuti marching band. Mereka tampak melantunkan instrumen lagu nasional 'Hari Merdeka'.

Dalam barisan itu juga ada rombongan pasukan pengibar bendera. Mereka berangkat dalam satu barisan beringan.

Pada pukul 08.08 WIB, kirab Merah Putih tiba di Bundaran HI. Tampak warga menyambut kirab Merah Putih tersebut. Sorak-sorai dari warga terdengar ketika bendera Merah Putih raksasa itu tiba.

Tak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen tersebut. Bahkan mereka juga rela berdesakan untuk mendapat momen yang menurut mereka bagus.

Diketahui, lintas elemen mulai dari pemerintah, tokoh agama, tokoh bangsa, Polri, pemuda hingga mahasiswa menggelar kegiatan kirab Merah Putih hari ini. Hal ini sebagai wujud untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih akan diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8). Acara dimulai pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB. Adapun rute kirab tersebut dimulai dari Silang Monas hingga Bundaran HI.

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

Dalam acara tersebut juga terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari, parade kirab merah putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, hingga hiburan.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT