4 Fakta Kapal Kargo Semen Karam di Selat Makassar

ADVERTISEMENT

4 Fakta Kapal Kargo Semen Karam di Selat Makassar

Tim detikSulsel - detikNews
Minggu, 28 Agu 2022 08:33 WIB
Pencarian 11 ABK KM Teman Niaga yang hilang usai kapal tenggelam di Selat Makassar terkendala cuaca.
Pencarian ABK KM Teman Niaga di Selat Makassar. (Foto: (dok. istimewa)
Jakarta -

Sebuah kapal kargo muatan semen KM Teman Niaga yang membawa 15 anak buah kapal (ABK) tenggelam di Selat Makassar. Empat ABK telah ditemukan, sedangkan 11 lainnya belum ditemukan. Berikut fakta-faktanya.

1. Diketahui Setelah Tenggelam 3 Hari

Dilansir detikSulsel, Minggu (28/8/2022), informasi soal KM Teman Niaga tenggelam ini diketahui setelah 3 hari insiden terjadi, yaitu Kamis (25/8). Kapal ini tenggelam pada Senin (22/8).

"Berdasarkan informasi korban selamat atas nama Muhdi Mufazan bahwa pada hari Senin malam tanggal 22 Agustus 2022 sekitar pukul 22.00 Wita Kapal KM Teman Niaga tenggelam yang diakibatkan cuaca buruk dengan jarak 96 NM Heading 123° menuju Biringkasi dengan kecepatan kurang lebih 6 knot," terang Kepala Seksi Operasi Basarnas Makassar, Rizal, dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

2. 4 ABK Selamat Ditemukan di Atas Sekoci

Rizal menyebut 4 ABK yang ditemukan selamat dalam kecelakaan ini diketahui berada di atas sekoci yang terbalik. Keempatnya kemudian menjalani perawatan di Rumah Sakit Marina Permata.

3. 11 ABK yang Hilang Asal Sulsel

Rizal menambahkan pihaknya mendapat informasi kru kapal yang hilang berasal dari Sulsel. Saat ini Basarnas Makassar masih berkoordinasi dengan Basarnas Banjarmasin untuk pendataan 11 korban hilang ini.

4. Pencarian Korban Terkendala Cuaca

Sementara itu, Kepala Sub-Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banjarmasin Amri Zuna Kurniawan mengatakan pencarian 11 ABK terkendala cuaca buruk. Pencarian sendiri akan dilakukan sejauh 85 NM di sekitar lokasi penemuan korban.

"Saat proses pencarian kendalanya adalah gelombang yang lumayan tinggi yaitu sekitar 1,5 sampai 2 meter. Akan tetapi, itu tidak mengendurkan proses pencarian kami," ujar Amri, Sabtu (27/8).

Simak selengkapnya di sini

Saksikan Video 'Dramatis! Momen Evakuasi 4 ABK Kapal Kargo yang Tenggelam di Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT