Menteri PPPA Bahas Kesetaraan Gender di Pertemuan Tingkat Menteri G20

ADVERTISEMENT

Menteri PPPA Bahas Kesetaraan Gender di Pertemuan Tingkat Menteri G20

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 27 Agu 2022 21:17 WIB
Pertemuan Tingkat Menteri G20
Foto: Kemlu
Jakarta -

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri G20 untuk Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan di Bali pada 24 - 26 Agustus 2022.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dari anggota G20, Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup, Kementerian Luar Negeri, perwakilan Women 20 dan G20 EMPOWER, negara undangan, organisasi internasional, dan perwakilan kalangan swasta.

Dalam pertemuan tersebut, Bintang menekankan soal pentingnya kesetaraan gender dalam menghadapi tantangan ke depan.

"Kita percaya bahwa hanya melalui kerja sama global dan komitmen kuat dalam mempromosikan kesetaraan gender kita dapat menghadapi tantangan yang dihadapi perempuan, khususnya dalam waktu pemulihan COVID-19," ujar Bintang dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/8/2022).

Lebih lanjut, Bintan menyebut pertemuan ini turut membahas pentingnya pembuatan kebijakan dan penguatan komitmen negara terhadap langkah konkret untuk menutup kesenjangan gender serta mendukung pemberdayaan perempuan di tingkat global. Pertemuan ini juga menjadi wadah bertukar informasi dan pengalaman terkait praktek dalam isu gender dan pemberdayaan perempuan.

Bintang menambahkan dalam pertemuan ini, Indonesia akan mendorong tiga prioritas isu gender dan pemberdayaan perempuan. Pertama, ekonomi perawatan pasca COVID-19 dan kesempatan dalam angkatan kerja. Kedua, menutup kesenjangan gender digital dan peningkatan partisipasi perempuan dalam ekonomi digital. Ketiga, kewirausahaan perempuan.

Pertemuan Tingkat Menteri G20Foto: Kemlu

Dalam hal ini, Indonesia juga menyelenggarakan Special Event: Indonesia's Experiences on Women Empowerment. Adapun event ini membahas praktik terbaik yang dimiliki oleh Indonesia dalam mendukung pemberdayaan perempuan dari kalangan swasta.

Sebagai informasi, Pertemuan Tingkat Menteri G20 untuk Pemberdayaan Perempuan pada masa Presidensi G20 Indonesia merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan dalam rangkaian G20. Sebelumnya, pertemuan pertama diinisiasi oleh Presidensi Italia pada tahun 2021.

Pertemuan Tingkat Menteri G20 untuk Pemberdayaan Perempuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022. Indonesia mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger', dengan tiga isu prioritas, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi sebagai fokus utama.

Rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia akan berpuncak pada Konferensi Tingkat Tinggi yang akan digelar di Bali pada 15 - 16 November 2022. Dihadiri oleh para pemimpin anggota G20, KTT akan membahas dan menyampaikan komitmen untuk upaya pemulihan ekonomi dunia.

Terkait kegiatan G20, Indonesia telah menjabat sebagai Presidensi G20 sejak 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Adapun posisi selanjutnya akan dipegang oleh India pada tahun 2023, dan Indonesia akan tetap menjadi anggota Troika hingga berakhirnya masa Presidensi India.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT