Wajah Baru Kota Tua Jakarta: Fasilitas dan Cara Berkunjung

ADVERTISEMENT

Wajah Baru Kota Tua Jakarta: Fasilitas dan Cara Berkunjung

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 18:31 WIB
Wajah Baru Kota Tua Jakarta Usai Renovasi dan Cara Berkunjung
Wajah Baru Kota Tua Jakarta Usai Renovasi dan Cara Berkunjung | Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta
Jakarta -

Wajah baru Kota Tua Jakarta usai revitalisasi kini menghadirkan beberapa fasilitas baru yang tentunya semakin menarik perhatian pengunjung untuk datang ke kawasan Wisata Kota Tua Jakarta. Apa saja yang baru di Kota Tua Jakarta?

Simak informasi seputar wajah baru Kota Tua Jakarta pasca revitalisasi selengkapnya berikut ini.

Revitalisasi Rampung, Kondisi Terkini Wajah Baru Kota Tua Jakarta

Revitalisasi Kota Tua Jakarta kini telah rampung dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal itu seperti yang telah diumumkan melalui postingan media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta (@DKIJakarta).

"Sudah pada tau belum kalau kalau Kota Tua telah selesai direvitalisasi?" dikutip dari Instagram Pemprov DKI Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan meresmikan aktivasi jalur pedestrian Kawasan Kota Tua yang baru direvitalisasi. Rencananya, peresmian digelar pada sore ini.

Sekretaris Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah mengatakan, sejak Kamis (25/8), tim gabungan Pemkot Jakarta Barat telah melakukan persiapan, di antaranya melakukan pembersihan di sepanjang kawasan Kota Tua, dari jalur pedestrian, taman, hingga fasilitas umum lainnya.

"Semuanya dikerjakan dalam rangka kesiapan pelaksanaan aktivasi (jalur) pedestrian yang akan diresmikan Pak Gubernur," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah dalam keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Wajah Baru Kota Tua Jakarta Usai Renovasi dan Cara BerkunjungWajah Baru Kota Tua Jakarta Usai Renovasi dan Cara Berkunjung | Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta

Wajah Baru Kota Tua, Simak Fasilitas Baru yang Ada di Kota Tua

Pasca Revitalisasi, kini wajah baru Kota Tua Jakarta menjadi semakin terhubung dengan transportasi umum. Seperti telah terhubung dengan stasiun kereta api commuter line (KRL Commuter Line) dan halte TransJakarta. Hal itu tentunya agar memudahkan mobilitas pengunjung yang hendak berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta.

Selain itu, wajah baru Kota Tua Jakarta kini juga telah memberlakukan Kawasan Rendah Emisi atau Low Emission Zone (LEZ). Tujuan pemberlakukan wilayah LEZ adalah untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar kawasan Wisata Kota Tua Jakarta.

Pembatasan juga diberlakukan untuk kendaraan bermotor yang melalui kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Harapannya, hal tersebut dapat mengurangi tingkat kemacetan di wilayah kawasan wajah baru Kota Tua Jakarta.

Dilansir dari Twitter Pemprov DKI Jakarta (@DKIJakarta), wajak baru Kota Tua Jakarta pasca renovasi itu juga meliputi trotoar. Kini trotoar telah dilengkapi dengan street furniture, taman, dan air mancur.

Kunjungi Wajah Baru Kota Tua, Ini Cara Menuju ke Kota Tua Jakarta

Kondisi wajah baru Kota Tua pasca revitalisasi tentunya semakin membuat penasaran masyarakat dan tak sabar untuk berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Untuk diketahui, lokasi Kota Tua Jakarta berada di kawasan Kota Tua Jakarta yang beralamat di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat DKI Jakarta.

Bagi masyarakat yang hendak melakukan kunjungan ke wajah baru Kota Tua Jakarta, dapat menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta dengan menaiki kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Adapun cara menuju ke Kota Tua Jakarta dengan menggunakan transportasi umum dapat disimak melalui informasi di bawah ini.

Cara menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta dengan naik TransJakarta:

  1. Naik bus TransJakarta dengan koridor 1 yakni rute Blok M - Kota Tua
  2. Turun di halte Kota yakni pemberhentian akhir koridor 1 Blok M
  3. Dari halte Kota dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke destinasi wisata yang ingin dituju di kawasan Kota Tua Jakarta

Cara menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta dengan naik KRL Commuter Line:

  1. Stasiun kereta api yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta adalah Stasiun Jakarta Kota
  2. Untuk menuju ke sana dapat dengan naik KRL dengan jurusan menuju Stasiun Jakarta Tua
  3. Selanjutnya, dapat turun di Stasiun Jakarta Kota
  4. Dari Stasiun Jakarta Kota dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke destinasi wisata yang ingin dituju di kawasan Kota Tua Jakarta

Cara menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta dengan naik mobil pribadi:

  1. Naik mobil pribadi menuju ke kawasan Kota Tua dapat melalui rute tol dengan tujuan keluar di tol Kota Tua
  2. Lalu arahkan kendaraan pribadi menuju ke kantong parkir yang sudah disediakan di kawasan Kota Tua
  3. Dari kantong parkir, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke destinasi wisata yang ingin dituju di kawasan Kota Tua Jakarta

Demikian informasi seputar wajah baru Kota Tua Jakarta pasca revitalisasi. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT